Jakarta (ANTARA News) - Setelah beberapa bulan spekulasi berkembang, sekarang benar-benar muncul dan dikenalkan secara resmi, komputer tablet terbaru Amazon, Kindle Fire, yang berharga 199 dolar (sekitar Rp1,8 juta dengan kurs 9.000 per dolar).

Dalam toko online-nya, amazon.com, pendiri dan CEO Amazon Jeff Bezos menulis bahwa Kindle Fire membawa semua yang telah dikerjakan Amazon selama 15 tahun dalam satu perangkat.

Kindle penuh warna yang cantik itu bisa untuk menonton film, TV show, musik, buku, majalah, aplikasi, permainan (games), browsing, dan banyak lagi.

Banyak pengalaman yang terintegrasi di dalamnya untuk konsemen--akses instan ke banyak konten digital pilihan Amazon, sebuah layar sentuh warna cerah IPS dengan sudut pandang lebar, dan bobot 14,6 ounce sehingga mudah ditenteng.

Menggunakan prosesor dual core, sarana penyimpanan gratis di Amazon Cloud, dan browser ultra cepat, Amazon Silk, yang disediakan eksklusif untuk Kindle Fire.

"Kami membuat produk-produk premium dan menawarkannya bukan dengan harga premium," tulis Jeff Bezos. "Terima kasih untuk menjadi seorang pelanggan."

Selain mengenalkan Kindle Fire, Amazon juga memaparkan mengenai aplikasi browser terbarunya, Silk, di New York pada Rabu waktu setempat, yang link videonya juga dipublikasikan melalui toko online-nya.

Anda mungkin bertanya,"Apakah kita benar-benar membutuhkan satu yang lain (browser) lagi?" Tulis Amazon sebagai pengantar untuk menyakinkan kalayak bahwa Silk mempunyai kelebihan dibanding browser-browser yang sudah ada sebelumnya.

Amazon mengatakan, Silk bukan sekedar browser biasa. "Kami berusaha dari awal untuk memanfaatkan kekuatan dan kemampuan infrastruktur AWS (Amazon Web Service) guna mengatasi keterbatasan mobile browser sejenis lainnya.

"Semua subsistem browser itu dihadirkan dalam Kindle Fire dan platform komputasi awan AWS. Setiap kali anda memuat halaman web, Silk membuat keputusan yang dinamis tentang mana subsistem yang akan bekerja secara lokal dan yang akan dieksekusi secara remote," kata Amazon.

Kindle Fire disebut-sebut bakal menjadi pesaing berat iPad Apple, tablet populer yang berharga 499 dolar per unit. Pada kuartal terakhir Apple telah menjual 9,3 juta iPad.

Benarkah Kindle Fire akan mampu menyaingi iPad dalam hal penjualan, kita tunggu saja.

(S026)

Pewarta: Suryanto
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011