Lombok Timur, NTB (ANTARA News) - Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal Helmy Faisal Zaini membuka Expo Pembangunan Daerah tertinggal tingkat nasional yang digelar di Taman Tugu Selong, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, Kamis.

Acara pembukaan Expo Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) itu dihadiri Wakil Gubenur NTB H Baderul Munir, Bupati Lombok Timur H M Sukiman Azmy,dan sejumlah pejabat di Kementerian PDT serta para bupati kabupaten tertinggal.

Menteri PDT Helmy Faisal Zaini mengatakan, Expo PDT tingkat nasional yang diselenggarakan di kabupaten tertinggal mulai tahun 2011 ini dalam rangka menggali berbagai potensi yang dimiliki kabupaten tertinggal untuk dikembangkan guna menunjang kemajuan daerah tersebut.

Hal tersebut terutama untuk meningkatkan prekonomian masyarakat yang ada di kabupaten tertinggal agar menjadi lebih baik, termasuk sebagai motor penggerak menuju masa depan yang lebih cemerlang.

"Kegiatan Expo PDT tingkat nasional ini baru pertama kali dilaksanakan di kabupaten tertinggal, selama ini hanya dilaksanakan di Jakarta," katanya.

Ia mengatakan, potensi yang dimiliki Provinsi NTB sangat besar, termasuk Kabupaten Lombok Timur dan ini menjadi kekuatan yang harus dikembangkan guna mengatasi berbagai permasalahan yang yang dihadapi kabupaten tertinggal tersebut.

Itu bisa dilakukan melalui percepatan peningkatan perekonomian masyarakat kearah lebih baik, sehingga Expo PDT sebagai ajang promosi bagi kabupaten tertinggal di Indonesia, dengan menampilkan produk terbaik yang nantinya bisa menunjang kemajuan daerah tertinggal.

"Banyak manfaat yang akan diperoleh kabupaten tertinggal yang mengikuti kegiatan tersebut dalam rangka memajukan daerah tertinggal terutama untuk meningkatkan perekomiannya," Menteri PDT.

Wakil Gubenur NTB H Baderul Munir mengatakan, pemerintah provinsi merasa bersyukur dengan terpilihnya kabupaten Lombok Timur sebagai tuan rumah penyelenggaraan Expo PDT yang diikuti kabupaten tertinggal di Indonesia.

"Faktor yang menyebabkan masih adanya kabupaten tertinggal itu karena distribusi jaringan transportasi untuk meningkatkan produksi masyarakat masih belum memadai, termasuk fasilitas irigasi, dan infrastruktur lainnya perlu ditingkatkan," kata Baderul.

Bupati Lombok Timur H M Sukiman Azmy mengatakan, melalui Expo PDT ini akan memberikan manfaat yang besar bagi kemajuan daerah ini, terutama peningkatan perekonomian masyarakat.

"Kami mengharapkan agar bantuan Rp100 miliar untuk kabupaten tertinggal ini bisa direalisasikan pada tahun 2012, sehingga bisa mengubah kabupaten tertinggal menjadi lebih baik," katanya.

Acara pembukaan Expo PDT dimeriahkan dengan penampilan kesenian tradisional Lombok seperti Tari Gagak Mandik, Gendang Belek dan penampilan Marching Band Genta Selaparang binaan Pemkab Lombok Timur.
(ANT-230/M025)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011