Bogor (ANTARA News) - Ribuan anggota kader Barisan Ansor Serbaguna (BANSER) Nahdlatul Ulama dijadwalkan akan melakukan apel akbar di Kota Bogor untuk memperingati Hari Kesaktian Pancasila pada Sabtu (1/10).

Ketua Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kota Bogor, Zaenul Mutaqin Jumat di Bogor mengatakan, apel akbar Banser tersebut akan diikuti sekitar 3.000 anggota yang berasal dari PC GP Ansor dari berbagai daerah di Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten, dan perwakilan dari berbagai daerah se-Indonesia.

Apel akbar Banser NU dipusatkan di kompleks Yayasan Islamic Centre Al-Ghazaly, Kotaparis, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor.

Kegiatan tersebut selain diikuti ribuan kader Banser dari berbagai daerah, rencananya akan dihadiri Ketua Umum Pimpinan Pusat GP Ansor, Nusrin Wahid.

"Apel akbar Banser ini sebagai upaya untuk merefleksikan kembali kehidupan berbangsa dan bernegara, agar selalu sesuai dengan cita-cita luhur yang dicantumkan dalam Pancasila," paparnya.

Menurut Zaenul, GP Ansor memiliki kepentingan dalam mengawal kehidupan berbangsa dan bernegara yang sesuai dengan semangat dan cita-cita Pancasila.

"Negeri ini dibangun secara bersama-sama oleh semua elemen bangsa dalam bingkai keragaman dan kemajemukan. Karena itu, semua anak bangsa harus memiliki hak yang sama untuk bisa hidup secara damai dan nyaman di taman bermain bernama Indonesia," tegas anggota DPRD Kota Bogor dari Fraksi PPP.

Apel akbar anggota Banser dan peringatan Kesaktian Pancasila itu mengusung tema "Gerakan Nasional Hidup Bersama Pancasila."

"Ansor ingin menjamin kehidupan berbangsa sesuai dengan Pancasila dengan menjamin keragaman yang ada di tengah masyarakat," ungkap dia.

Kegiatan yang digagas GP Ansor tersebut akan dihadiri sejumlah tokoh nasional, yakni Istri Presiden ke-4 RI KH Abdurrahman Wahid Sinta Nuriyah, Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD, Ketua Komnas HAM Ibdal Kasim, dan sejumlah tokoh nasional NU. (ANT-053/I006)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011