Berlin (ANTARA News) - Penjaga gawang Bayern Munich Manuel Neuer berharap dapat menoreh rekor 1.000 menit tanpa gol pada laga Sabtu melawan Hoffenheim, setelah terakhir kemasukan gol dua bulan lalu.

Moenchengladbach merupakan satu-satunya tim yang mengalahkan Bayern dalam semua kompetisi musim ini, setelah mereka menang 1-0 di Munich pada 7 Agustus dan Nauer kini sudah selama 928 menit tanpa kemasukan gol untuk tim Bavarians itu.

Bayern membukukan kemenangan ke-10 setelah mencetak angka 2-0 atas Manchester City pada laga Liga Champions Selasa dan tim asuhan Jupp Heynckes itu kini memiliki pengharapan besar.

Neuer akan melewati rekor 1.000 menit tanpa gol bila berhasil tidak kemasukan gol tim urutan keempat Hoffenheim sampai setidaknya menit ke-72, tetapi pemain berusia 25 tahun itu mengatakan keberhasilannya tergantung dari kerja keras rekan setimnya.

"Saya amat berharap pada semua teman setim saya. Setiap orang akan bekerja keras di barisan bertahan dan kami mencoba untuk tidak kemasukan gol," kata Nauer.

"Normal bila penjaga gawang menginginkan hal itu, tapi itu semua tergantung dari semua rekan termasuk barisan depan yang harus menggeber daerah bertahan lawan. Kami bermain dalam tiga atau empat hari tapi kami semua dalam kondisi baik dan saling menolong," katanya.

Neuer pantas menginginkan rekor itu dicapainya pada permainan kompetisi bersama Bayern, seperti yang dilakukan pemain lain di klub lain.

Pemain Belgia Dany Verlinden menyandang rekor tidak kemasukan gol selama 1.390 menit untuk tim Brugge, angka yang nyaris dicapai pemain Manchester United Edwin van der Saar yang sempat 1.311 menit tanpa gol pada musim kompetisi 2008-09.

Tapi rekor dunia disandang pemain Brazil Matos Filho Mazaropi dari Vasco da Gama, yang menyandang rekor 1.816 menit tanpa gol antara tahun 1977 hingga 1978.

Bayern kembali akan diperkuat pemain bertahan Jerman Holger Babstuber yang absen ketika timnya melawan City, karena flu, sehingga Heynckes kelihatannya akan memiliki tim inti penuh untuk turun lapangan.

Pelatih Hoffenheim Holger Stanislawski menyatakan tim tamu merupakan tim favorit, karena kemenangan mereka sudah 11 kali serta gelar liga Jerman, kendati masih harus bermain tujuh bulan lagi.

"Saya yakin Bayern akan memenangi kompetisi musim ini," katanya, "Mereka dalam kondisi amat baik dan sekarang mereka tidak bisa lagi diprediksikan."

"Tapi tentu saja kami berusaha mengalahkan tim calon juara Jerman itu. Ini merupakan kesempatan bagi para pemain muda saya. Saya ingin melihat sejauh mereka dapat menekan lawan mereka. Saya juga ingin menyaksikan betapa tajamnya serangan kami," katanya.

Werder Bremen, urutan kedua pada klasemen sementara dan terpaut dua poin di bawah Bayern, akan berlaga di Hanover, Minggu, dan mereka tidak akan diperkuat pemain yang lagi dihukum, penjaga gawang Tim Wiese, yang dikeluarkan dari lapangan dua minggu lalu di Nuremberg.

Bos Bremen Thomas Schaaf mengatakan ia ingin memangkas posisi Bayern dalam setiap kesempatan, sedangkan Direktur Sport Klaus Allofs menyatakan tim Bavarians itu tidak mungkin tidak terkalahkan.

"Saya kira tidak mungkin 17 klub Bundesliga lainnya harus mengibarkan bendera putih di depan Bayern," katanya.

Tim urutan ketiga `Gladbach main di Freiburg Sabtu dan tim asuhan Lucien Favre itu sedang mengincar kemenangan berurutan keempat setelah musim lalu harus berusaha keras mengindar dari zona berbahaya.

Juara bertahan Borussia Dortmund akan bertemu dengan tim yang belum pernah menang Augsburg, Sabtu, setelah Rabu lalu tim asuhan Jurgen Klopp itu kandas 0-3 pada laga Liga Champions Rabu lalu di Marseille.

Schalke 04, yang memilih Huub Stevens sebagai pelatih baru mereka awal minggu lalu, akan turun lapangan Minggu melawan Hamburg yang sedang mencari pelatih tetap setelah Michael Oenning dipecat minggu lalu.

Cologne akan berangkat ke Hertha Berlin didukung striker Jerman Lukas Podolski yang sedang dalam performa terbaiknya setelah timnya mengalahkan Leverusen dan Hoffenheim dalam beberapa mingu lalu.

"Susah bermain melawan striker seperti dia," kata pelatih Hertha Markus Babbel, mengomentari pertandingan di Stadion Olympic berkapasitas 60.000 penonton itu.

"Anda tidak dapat mengeluarkannya dari pertandingan," katanya. Dengan mencetak tiga gol dalam dua pertandingan terakhirnya, pemain berusia 26 tahun itu membuktikan tidak benarnya kritikan bos Clologe yang mengecam buruknya penampilannya pada awal musim ini.

Jadwal pertandingan

Jumat

Kaiserslautern v VfB Stuttgart

Sabtu

Borussia Dortmund v Augsburg, Bayer Leverkusen v VfL Wolfsburg, Nuremberg v Mainz 05, Freiburg v Borussia M`gladbach, Hoffenheim V Bayern Munich, Hertha Berlin v Cologne

Minggu

Hanover 96 v Werder Bremen, Hamburg v Schalke 04.
(ANT)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011