Jika nahkoda tetap pada alur ditengah saat melintas di perairan itu tidak akan `nyangkut` di batu, tetapi dia mengeser ke kanan dari biasanya hingga kapal akhirnya terduduk di batu,"
Batam (ANTARA News) - Kapal MV Marina Express I yang kandas dan menyangkut di batu karang di perairan pulau Kepala Jeri, Kecamatan Belakang Padang, Kota Batam, terjadi karena nakhoda kapal salah arah dalam memilih alur pelayaran.

Koordinator Pelabuhan Domestik Sekupang yang juga pengurus Dewan Pimpinan Cabang Indonesian National Shipowners Association/Asosiasi Pemilik Kapal Indonesia (DPC INSA) Batam, Azhar kepada ANTARA, di Batam, Sabtu malam, mengatakan, kapal bermuatan ratusan penumpang tersebut kandas dengan posisi haluan kapal di atas batu.

"Kapal tidak menabrak batu karang tapi karena kesalahan dalam memilih alur, haluan kapal berada diatas batu dan akhirnya kandas," ujar Azhar.

Menurut dia, karena hari mulai gelap ditambah pula alur pelayaran yang biasanya dilewati airnya sedang surut, maka terjadilah insiden yang tidak terduga itu.

"Jika nahkoda tetap pada alur ditengah saat melintas di perairan itu tidak akan `nyangkut` di batu, tetapi dia mengeser ke kanan dari biasanya hingga kapal akhirnya terduduk di batu," katanya.

Saat berita ini diturunkan sekitar pukul 22.58 WIB ratusan penumpang kapal Marina Express masih memadati pelabuhan karena menunggu barang bawaan mereka yang masih berada di kapal.
(E010)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011