Jakarta (ANTARA) - Deandre Ayton mendominasi pertarungannya dengan Karl-Anthony Towns dengan angka tertinggi dalam kariernya berupa 35 poin dan 14 rebound pada Rabu malam waktu setempat (Kamis WIB) demi membantu tim tamu Phoenix Suns mengungguli Minnesota Timberwolves 125-116.

Devin Booker menyimpan 11 dari 28 poinnya untuk empat menit 36 detik terakhir saat Suns (59-14) bangkit dari defisit sebanyaknya 15-poin untuk memperoleh kemenangan keenam beruntun mereka dan kemenangan ke-18 mereka dalam 22 pertandingan terakhir seperti dilansir Reuters.

Anthony Edwards memimpin Timberwolves (42-32) dengan 19 poin pada malam ketika Towns ditahan hanya menghasilkan 15 poin dan 11 rebound. Berusaha menghindari dua kekalahan beruntun, Minnesota mendekat hingga terpaut 103-104 dengan sisa waktu lima menit 53 detik melalui 3-pointer Malik Beasley.

Namun Ayton mengkonversi umpan Booker menjadi dunk, dan Booker kemudian mengambil tindakan sendiri dengan driving layup dan 3-pointer panjang, menciptakan ruang nafas pada kedudukan 111-103 dengan waktu tersisa empat menit 2 detik.

Booker menambah satu dunk sendiri dan empat lemparan bebas saat Suns menjaga jarak dengan Timberwolves menggenapi menyapu tiga gim, dalam seri musim ini.

Baca juga: Jazz dan Suns kompak menang telak atas lawan masing-masing

Suns menggunakan 32-poin pada kuarter ketiga untuk memasuki defisit 15-poin dan menyamakan kedudukan pada 88 pada menit pertama kuarter terakhir ketika Cameron Payne menyarangkan bola dua kali, yang kedua ia ubah menjadi three-point play.

Phoenix mengambil alih kepemimpinan hingga akhir pada kedudukan 95-94 dengan sisa waktu delapan menit 35 detik melalui sepasang lemparan bebas Landry Shamet. Double-double Ayton menampilkan 15 dari 24 upaya tembakan dan tujuh rebound ofensif. Sebanyak 35 poin yang ia hasilkan itu lebih banyak lima dibanding pertandingan mana pun musim ini. Ia mencetak poin tertinggi sebelumnya dalam karirnya sebagai rookie pada 2018 dengan 33 poin saat melawan Denver Nuggets.

Shamet menyelesaikan laga dengan 19 poin saat keluar dari bangku cadangan untuk Phoenix, sementara Mikal Bridges menyumbang 16 dan Payne 13. Payne juga mencetak assist tertinggi dalam pertandingan, sembilan assist. Suns lebih tinggi akurasi tembakannya dibanding Timberwolves 52,3 persen berbanding 44,2 persen.

Bergabung dengan Towns menghasilkan double-double untuk Minnesota adalah Jarred Vanderbilt dengan 12 poin dan 12 rebound, tertinggi dalam tim. Beasley dan Jaylen Nowell keluar dari bangku cadangan untuk masing-masing mencetak 15 poin, sementara Taurean Prince dan Naz Reid masing-masing menyumbang 10 poin. D'Angelo Russell mencatatkan assist tertinggi tim, tujuh assist, namun hanya mencetak enam poin.

Baca juga: Nuggets perpanjang kontrak pelatih Michael Malone
Baca juga: LeBron James absen lawan 76ers akibat cedera lutut

Pewarta: Fitri Supratiwi
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2022