Palembang (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Sumatera Selatan memprakirakan wilayah setempat mengalami cuaca hujan ringan hingga hujan petir pada Jumat ini.

Rilis itu menyebutkan cuaca pada pagi hari diprakirakan cerah berawan meliputi wilayah di 17 kabupaten/kota di Sumsel.

Pada siang hingga sore hari, cuaca diprakirakan berawan hingga berpotensi hujan ringan di wilayah Ogan Komering Ilir (OKI), Ogan Ilir, Muara Enim Musi Banyuasin dan Banyuasin.

Sementara pada malam hari, cuaca diprakirakan berawan hingga berpotensi hujan petir di wilayah Muara Enim, Musi Rawas dan Musi Rawas Utara. Sedangkan, wilayah yang berpotensi hujan ringan di Ogan Komering Ulu (OKU), Prabumulih, Lahat, Lubuklinggau dan Musi Banyuasin.

Baca juga: BMKG: Waspadai hujan lebat siang hingga malam di Sumsel

Baca juga: BMKG: Hujan sedang-lebat masih landa Sumsel hingga dasarian II Maret


Pada dini hari, cuaca diprakirakan berawan hingga berpotensi hujan petir di wilayah OKI, Ogan Ilir, Muara Enim, Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Musi Rawas, Musi Banyuasin, Banyuasin dan Palembang. Sedangkan, yang berpotensi hujan ringan di wilayah OKU, Prabumulih, Lubuklinggau dan Musi Rawas Utara.

Suhu udara di wilayah Sumsel dataran rendah sekitar Palembang, Banyuasin, Musi Banyuasin, Ogan Ilir dan OKI berkisar 24 – 34 °C, dengan kelembapan udara 50 persen - 96 persen.

Suhu udara di wilayah Sumsel dataran tinggi sekitar Pagar Alam, Empat Lawang, Lubuk Linggau, Lahat dan OKU Selatan berkisar 18 – 32 °C, dan kelembapan udara 55 persen - 100 persen.

Angin dari Barat Daya – Barat Laut dengan kecepatan 5 – 20 km/jam.

Tinggi gelombang laut di Selat Gelasa, Selat Bangka bagian Utara dan Selat Bangka bagian Selatan 0,5 - 1,25 meter. Cuaca diprakirakan berawan, arah angin dari Timur Laut – Tenggara dengan kecepatan 6 - 25 km/jam.

Berdasarkan prakiraan cuaca tersebut, BMKG Sumsel mengeluarkan peringatan dini untuk mewaspadai potensi hujan sedang yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berdurasi singkat pada malam hingga dini hari di wilayah OKI, Ogan Ilir, Muara Enim, PALI, Musi Rawas, Musi Rawas Utara, Musi Banyuasin, Banyuasin dan Palembang.*

Baca juga: BMKG prakirakan Sumsel berpotensi berawan dan hujan

Baca juga: BMKG: Sebagian wilayah Sumsel diperkirakan berawan

Pewarta: Dolly Rosana
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022