Kairo (ANTARA News) - Aparat keamanan Mesir hari Senin menangkap lagi seorang pria yang dituduh melakukan aksi mata-mata untuk kelompok Hizbullah Lebanon setelah ia melarikan diri dari penjara selama pemberontakan pada Januari, demikian dilaporkan kantor berita MENA.

Hassan al-Manakhly, seorang anggota sel Hizbullah yang beranggotakan 22 orang, ditangkap setelah muncul dalam acara bincang-bincang langsung di televisi Minggu malam di Kairo, kata MENA, seperti dilaporkan AFP.

Manakhly menjalani hukuman penjara 10 tahun karena melakukan tindakan mata-mata untuk Hizbullah dan "merencanakan serangan teroris di dalam wilayah Mesir".

Pihak berwenang Mesir mengumumkan pada 3 Februari, 22 anggota sel itu melarikan diri dari sebuah penjara selama pemberontakan yang menggulingkan Presiden Hosni Mubarak sepekan kemudian.

Hizbullah, yang memiliki hubungan yang tegang dengan Mesir selama puluhan tahun, memuji rakyat Mesir atas "kemenangan bersejarah" mereka setelah penggulingan Mubarak.

Kelompok Syiah Lebanon itu, yang menentang perjanjian perdamaian 1979 antara Mesir dan Israel, menyulut kemarahan Mubarak pada akhir 2008 dengan menuduhnya bersekongkol dengan Israel selama ofensif Israel terhadap Jalur Gaza.

Pengadilan di Mesir tahun lalu menjatuhkan hukuman pada 26 orang, empat diantaranya in abesentia, atas tuduhan merencanakan serangan-serangan di Mesir untuk Hizbullah.

Kelompok 22 orang itu melarikan diri dari penjara selama berlangsungnya protes besar-besaran anti-pemerintah di Mesir.

Buntut dari demonstrasi mematikan selama lebih dari dua pekan di Mesir, Presiden Hosni Mubarak mengundurkan diri Jumat (11/2) setelah berkuasa 30 tahun dan menyerahkan kekuasaan kepada Dewan Tertinggi Angkatan Bersenjata, sebuah badan yang mencakup sekitar 20 jendral yang sebagian besar tidak dikenal umum sebelum pemberontakan yang menjatuhkan pemimpin Mesir itu.

Sampai pemilu dilaksanakan, dewan militer Mesir menjadi badan eksekutif negara, yang mengawasi pemerintah sementara yang dipimpin perdana menteri. (M014)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011