Temuan spesies ini di Pulau Batanta akan menambah informasi terkait jangkauan distribusi alaminya yang ternyata melewati zona Wallacea
Jakarta (ANTARA) - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Papua Barat berkolaborasi melakukan inventarisasi keragaman anggrek dan potensi pemanfaatan keanekaragaman tumbuhan oleh masyarakat adat di Pulau Batanta, Papua Barat.

Salah satu temuan dari kegiatan riset tersebut adalah anggrek Dendrobium cuneatum. Anggrek berbunga mini berwarna kehijauan itu sebelumnya hanya ditemukan di region Sulawesi dan Maluku saja.

"Temuan spesies ini di Pulau Batanta akan menambah informasi terkait jangkauan distribusi alaminya yang ternyata melewati zona Wallacea dan mencapai zona biogeografi Australasia," kata peneliti dari BRIN Destario Metusala yang tergabung dalam kegiatan riset tersebut, dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat.

Baca juga: Peneliti BRIN: Penyelamatan anggrek kantung butuh dukungan semua pihak

Selain itu, hasil studi juga telah menemukan anggrek akar Taeniophyllum torricellense yang sebelumnya hanya ditemukan di dua lokasi, yaitu Pulau San Cristobal di Kepulauan Solomon dan pegunungan Torricelli di Papua Nugini.

Tim juga menemukan anggrek epifit Dendrobium incumbens yang sebelumnya hanya tercatat berasal dari dua titik lokasi di Papua Nugini, yaitu Distrik Sepik dan Morobe. Lokasi-lokasi tersebut berjarak sangat jauh dengan Pulau Batanta di Papua Barat.

Penemuan anggrek Taeniophyllum torricellense dan Dendrobium incumbens akan menambah jumlah keragaman spesies anggrek di Indonesia.

Baca juga: BRIN: Anggrek kantung terancam kelestariannya di Indonesia

Studi tersebut dilaksanakan sejak pertengahan Maret 2022., dan kegiatan identifikasi dari spesimen tumbuhan yang dikumpulkan dari Pulau Batanta masih berlanjut.

Sementara koordinator tim kajian dari BBKSDA Papua Barat Reza Saputra mengatakan tim melakukan eksplorasi pada jangkauan area jelajah yang terbatas, namun telah berhasil menemukan sekitar 90 nomor koleksi anggrek.

Ia menuturkan sebagian spesimen anggrek masih dalam proses identifikasi untuk memastikan nama spesiesnya. Sedangkan sebagian lainnya ditemukan dalam kondisi tanpa bunga.

Baca juga: Terancam punah, BKSDA Bengkulu akan kembangkan bunga anggrek pensil

"Spesimen anggrek yang tanpa bunga harus dipelihara terlebih dahulu hingga berbunga agar dapat diidentifikasi lebih lanjut secara akurat," tuturnya.

Pulau Batanta memiliki beragam tipe ekosistem yang masih sangat alami, mulai dari ekosistem pantai, hutan hujan tropis, dataran rendah, sampai dengan hutan pegunungan bawah pada ketinggian sekitar 1.100 meter di atas permukaan laut.

Baca juga: Tahura Sultan Adam terima anggrek spesies langka endemik Kalimantan

Pulau Batanta merupakan salah satu dari empat pulau besar di Kabupaten Raja Ampat yang terletak sekitar 34 kilometer dari arah barat Kota Sorong.

Bagian barat Pulau Batanta merupakan kawasan konservasi Cagar Alam Batanta Barat yang berfungsi untuk kegiatan penelitian dan perlindungan biodiversitas beserta ekosistemnya.

"Penelitian botani di Pulau Batanta tergolong masih relatif jarang dilakukan," ujarnya.

Baca juga: Cuaca ekstrem, TNGGP Cianjur segera evaluasi pembukaan jalur pendakian

 

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022