Jakarta (ANTARA) - Indeks Hasil Saham Gabungan (IHSG) yang ditutup merah saat akhir perdagangan pekan ini menjadi salah satu berita ekonomi terpopuler di kanal Antaranews.com pada Jumat (25/3/2022).

Tak hanya itu, informasi seputar aset keuangan syariah Indonesia yang mencapai 143,7 miliar dolar AS dengan pangsa pasar keuangan syariah domestik mencapai 10,6 persen juga menarik untuk dibaca.

Berikut berita-berita terpopuler ekonomi kemarin selengkapnya:


IHSG akhir pekan ditutup merah

Indeks Harga Saham gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) ditutup terkoreksi di tengah beragamnya pergerakan bursa saham kawasan Asia.

IHSG ditutup melemah 47,15 poin atau 0,67 persen ke posisi 7.002,53. Sementara kelompok 45 saham unggulan atau Indeks LQ45 turun 8,52 poin atau 0,83 persen ke posisi 1.017,67.

Baca selengkapnya di sini.


Tingkatkan pengawasan 40 persen anggaran untuk produk lokal

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Muhammad Yusuf Ateh mengawasi realisasi kebijakan sebanyak 40 persen alokasi anggaran di APBN, APBD dan BUMN digunakan untuk belanja produk dalam negeri.

Baca selengkapnya di sini.


Pemerintah cegah inflasi dampak tekanan global

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta seluruh jajaran di pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan BUMN untuk mencegah kenaikan inflasi domestik yang diakibatkan disrupsi ekonomi global, dampak pandemi COVID-19, hingga terjadinya konflik militer di Ukraina.

Ia mengatakan ancaman inflasi tidak hanya dihadapi Indonesia, namun seluruh negara-negara dunia karena berbagai dampak dari ketidakpastian ekonomi hingga gangguan stabilitas geopolitik dan keamanan di mancanegara.

Baca selengkapnya di sini.


Optimalisasi transfer ke daerah dan dana desa

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati meminta pemerintah daerah untuk mengoptimalkan Transfer Ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) karena menelan sepertiga total belanja negara yakni Rp800 triliun dari Rp2.700 triliun.

Jika sepertiga dari total belanja negara ini bisa dioptimalkan dan disinkronkan dengan baik, maka akan mampu mendorong pencapaian tujuan bernegara, yaitu menciptakan masyarakat adil dan makmur.

Baca selengkapnya di sini.


Aset keuangan syariah Indonesia 143,7 miliar dolar AS

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menyebutkan total aset keuangan syariah Indonesia pada akhir Desember 2021 mencapai 143,7 miliar dolar AS.

Aset dan pangsa pasar keuangan syariah tersebut, kata dia, menunjukkan potensi Indonesia yang sangat kuat di sektor keuangan berbasis syariah, yang juga selaras dengan implementasi Environment, Social, and Governance (ESG).

Baca selengkapnya di sini.

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2022