ini permintaan warga juga
Jakarta (ANTARA) - Tempat rekreasi malam hari di jalur jalan sehat dan sepeda santai (Jalasena) Golf Island, Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta Utara, menjadi lokasi gerai vaksinasi dosis ketiga atau penguat (booster) Kepolisian Sektor (Polsek) Metro Penjaringan, Sabtu.

Kepala Polsek Metro Penjaringan Ajun Komisaris Besar Polisi Febri Isman Jaya mengatakan vaksinasi di tempat terbuka pada malam hari tersebut menyediakan vaksin jenis AstraZeneca dan Sinovac untuk memudahkan warga mendapat vaksinasi COVID-19, sekaligus mempercepat pencapaian vaksinasi nasional.

"Perlu kami sampaikan, ini permintaan warga juga. Karena banyak warga sekitar sini banyak yang bekerja, sehingga bisa dilakukan setelah malam hari," ujar Febri saat ditemui saat memantau jalannya vaksinasi di Jalasena Golf Island, Batavia, PIK Penjaringan, Jakarta Utara.

Banyaknya rumah makan dan tempat rekreasi di PIK, terlebih di malam hari, katanya, memudahkan Polsek Metro Penjaringan mengajak pengunjung untuk ikut vaksinasi di tempat tersebut.

"Pengunjung yang belum divaksin, jadi mau divaksin di sini dan kami upayakan juga pekerja di rumah makan tersebut yang belum divaksin akan kami ajak vaksin," kata Febri.

Baca juga: Realisasi vaksinasi penguat di Jakarta tembus lebih satu juta orang

Malam ini disediakan kuota vaksin untuk 500 orang, namun baru sejam sejak dibuka pukul 18.00 WIB, antrean peminat vaksin di PIK sudah mencapai seratus orang.

Namun, tegasnya, jangan khawatir tidak kebagian vaksin penguat karena Polsek Metro Penjaringan membuka gerai vaksinasi sampai 31 Maret.

Peserta vaksinasi bisa mendaftar di lokasi saat itu juga (on the spot), atau juga bisa mendaftar sendiri lewat tautan aplikasi peduliwarga.com.

"Sasarannya bisa warga sini, sama pengunjung yang melakukan aktivitas di sini, buat semuanya bisa juga, 'on the spot' bisa juga di sini," kata Febri.

Gerai vaksinasi tersebut dibuka hingga pukul 23.00 WIB.

Baca juga: DKI tidak sediakan anggaran vaksinasi penguat berhadiah minyak goreng

Selain pemberian vaksin penguat, gerai vaksinasi malam hari itu juga bisa memberikan vaksinasi dosis satu dan dua untuk anak berusia 6-12 tahun menggunakan Sinovac dan untuk vaksinasi dewasa dosis satu dan dua menggunakan AstraZeneca.

"Yang utama 'booster', ya. Tapi kalau ada masyarakat dan anak-anak yang belum divaksinasi satu dan dua, akan diagendakan juga, karena kami kerja sama dengan puskesmas untuk percepatan pencapaian vaksinasi nasional," kata Febri.

Sementara itu warga Kelapa Gading, Liana (41) menyampaikan terima kasih kepada Polsek Metro Penjaringan karena sudah menyediakan gerai vaksinasi dosis ketiga yang menjangkau tempat berkumpulnya warga sekitar Jakarta Utara.

"Aku memang lagi mencari, lagi mencari booster itu susah. Aku sempat bilang begini, kok waktu vaksin satu dan dua agak gampang mencarinya, tapi kok booster agak susah," kata Liana.

Liana mengatakan dirinya sempat mencari-cari info lokasi vaksinasi "booster" dari internet, namun tidak ada yang pas dengan waktu dan tempat kerjanya.

Baca juga: Anies tekankan pentingnya vaksinasi penguat bagi lansia

Liana cukup kaget ketika polisi membuka gerai vaksinasi di PIK. Awalnya dia hanya ingin berekreasi saja, tapi seketika dirinya malah menjadi pengikut antrean vaksinasi di PIK.
 

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2022