Jakarta (ANTARA) - Merayakan ulang tahun ke-25, paduan suara Batavia Madrigal Singers merilis film pendek musikal berjudul "Melodialog".

Film yang dibuat dengan tujuan menginspirasi anak muda untuk tidak takut mengejar mimpi ini, dirilis secara resmi di kanal YouTube Batavia Madrigal Singers pada Jumat (25/3). Disutradarai oleh Adriano Rudiman, hampir seluruh kru dan pemain dari film "Melodialog" merupakan anggota dari Batavia Madrigal singers.

Dikisahkan seorang pria yang bekerja di warehouse inventory, merasa terjebak dalam rutinitas sehari-harinya yang monoton. Musik menjadi sesuatu yang telah lama terpendam dan ditinggalkan olehnya.

Suatu hari, pria itu memutuskan untuk mewujudkan kembali mimpi-mimpinya melalui musik dan menjadi bagian dari sebuah paduan suara. Namun, perjalanannya menggapai mimpi tidak mudah.

Ia harus berjuang menghadapi berbagai tantangan. Mulai dari perdebatan batin di dalam dirinya sendiri, hingga perpecahan yang terjadi di dalam grup.

Avip Priatna selaku direktur musik "Melodialog" mengatakan bahwa hal utama yang ingin disampaikan melalui musikal tersebut adalah tentang penting dan nikmatnya menjadi diri sendiri.

"Kita bisa bebas mengaktualisasikan diri dan berkarya sesuai minat dan kemampuan kita yang pasti hasilnya akan berbeda. Paduan suara merupakan salah satu wadah yang dapat membantu proses menemukan diri sendiri sekaligus belajar menjadi orang yang berempati terhadap lingkungan sekitar," ujar Aviv dalam siaran resminya dikutip Minggu.

Berbicara mengenai tujuan dalam membuat "Melodialog", Giok Hartono selaku eksekutif produser mengatakan
bahwa salah satu tujuan dari film ini adalah untuk mengenalkan Batavia Madrigal Singer kepada dunia.

"Film ini merupakan cara Batavia Madrigal Singers memperkenalkan seni paduan suara agar dapat dinikmati oleh masyarakat luas dari berbagai lapisan dan golongan serta memperkenalkan Batavia Madrigal Singers itu sendiri, tidak hanya hanya di Indonesia tetapi dunia," kata Giok.

Batavia Madrigal Singers adalah salah satu paduan suara terkemuka di Indonesia yang telah mengukir banyak prestasi bergengsi di dunia musik internasional maupun di Indonesia.

Semenjak berdirinya tahun 1996, Batavia Madrigal Singers telah menjadi barometer bagi banyak paduan suara di tanah air. Rentang komposisi yang dibawakan BMS sangat beragam, komposisi musik dari zaman klasik hingga kontemporer, serta beraneka aliran dari barok hingga pop modern.



Baca juga: Kemenparekraf gelar kajian media film pendek di Mandalika

Baca juga: Apresiasi sineas daerah lewat Family Sunday Movie

Baca juga: Film pendek "Homebound" rekam pengalaman pekerja migran di Taiwan

Pewarta: Maria Cicilia
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022