Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad mengatakan pelapisan aspal di Kompleks Parlemen perlu dilakukan karena akan ada sebanyak 38-40 delegasi negara asing yang  datang ke DPR pada Juli 2022.

"Jalan di DPR ini sudah berkali-kali dilapisi ulang namun diputuskan harus diaspal secara keseluruhan karena pada Juli 2022 ada delegasi dari 38-40 negara yang akan datang ke DPR," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin.

Dia menjelaskan anggaran pelapisan aspal senilai Rp11 miliar yang saat ini menjadi polemik di publik sebenarnya sudah lama diusulkan Setjen DPR RI.

Baca juga: Komisi I DPR gelar uji kelayakan calon anggota KI Pusat

Menurut dia, DPR tidak ingin ada kesan yang kurang baik saat perwakilan delegasi negara sahabat hadir melihat kondisi jalan di Kompleks Parlemen.

"Tentu kita tidak ingin kesan terhadap parlemen kita kurang baik. Teman-teman jurnalis nanti bisa melihat sendiri kondisi aspal di Kompleks Parlemen," ujarnya.

Selain itu, Dasco menjelaskan terkait polemik anggaran senilai Rp40 miliar untuk pergantian gorden di Rumah Jabatan Anggota (RJA) DPR RI.

Baca juga: DPR dukung Kejaksaan lakukan operasi intelijen amankan produk nasional
Baca juga: Anggota DPR apresiasi Polri gelar program vaksin "booster" bagi kiai


Dia mengatakan gorden di RJA DPR sudah sejak tahun 2015 hingga sekarang belum pernah diganti dan kondisinya ada yang sudah hilang.

"Karena anggaran tahun sebelumnya tidak cukup sehingga diputuskan diganti pada 2022 dengan mekanisme sistem lelang terbuka," katanya.

Dasco menjelaskan pergantian gorden tersebut berdasarkan usulan Setjen DPR setelah mendapatkan keluhan dari anggota DPR Periode 2019-2024 maupun 2014-2019.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2022