Jakarta (ANTARA) - Boston Celtics merebut posisi puncak klasemen sementara Wilayah Timur NBA seusai menaklukkan Minnesota Timberwolves 134-112 dalam rangkaian pertandingan Minggu waktu setempat (Senin WIB) dan di gim lain Philadelphia 76ers kalah 104-114 di markas Phoenix Suns.

Menjamu Timberwolves di TD Garden, Massachusetts, Celtics menangguk kemenangan keenam dalam enam pertandingan beruntun disokong 34 poin dari Jayson Tatum dan raihan dwiganda 31 poin serta 10 rebound milik Jaylen Brown.

Celtics yang sepanjang pertandingan tak pernah membiarkan Timberwolves merasakan keunggulan juga mendapat pasokan 15 angka dari Derrick White serta 11 poin yang dicetak Payton Pritchard selama keduanya melantai dari bangku cadangan, sedangkan Robert Williams III menyumbang 13 poin dan 10 rebound.

Di kubu Timberwolves pilihan pertama NBA Draft 2020 Anthony Edwards mencetak 24 poin dan Karl-Anthony Towns mengemas 19 poin.

Baca juga: Timberwolves kembali ke jalur kemenangan saat jinakkan Mavericks

Jaylen Nowell menambahkan 13 poin, Jarred Vanderbilt 11 poin dan Taurean Prince 10 poin bagi Timberwolves yang harus menelan kekalahan ketiganya dalam empat gim terakhir.

Dalam pertandingan lain yang berlangsung bersamaan di Footprint Center, Arizona, tuan rumah Suns mampu bangkit di kuarter keempat untuk mengunci kemenangan 114-104 atas Sixers.

Devin Booker meraup 35 poin dan Chris Paul mengemas dwiganda 19 poin serta 14 assist bagi Suns yang mengantungi delapan kemenangan beruntun.

Joel Embiid sebetulnya tampil begitu dominan bagi tim tamu dengan 37 poin dan 15 rebound tapi dukungan untuknya hanya berupa 18 poin dari Tyrese Maxey, 17 poin milik Tobias Harris serta James Harden yang mencetak 14 poin dan sembilan assist.

Baca juga: Jaylen Brown merasa Celtics sedang berada di puncak performa prima

Akibat kedua hasil itu, Sixers yang memasuki pertandingan berada di puncak klasemen Timur kini harus melorot ke urutan keempat di bawah Milwaukee Bucks lantaran kalah head-to-head meski sama-sama memiliki catatan menang kalah 46-28.

Sedangkan Celtics melompat ke puncak Timur berbekal keunggulan head-to-head sementara atas Miami Heat meski keduanya sama-sama memiliki catatan 47-28.

Suns, yang sudah mengunci hak sebagai tim unggulan teratas musim ini semakin menajamkan rekornya menjadi 61-14.

Sedangkan Timberwolves (43-33) tertahan di urutan ketujuh klasemen Barat dan kini terpaut 1,5 gim dari Denver Nuggets dari perebutan tiket playoff otomatis, demikian catatan situs resmi NBA.

Baca juga: Hornets rusak "comeback" kandang Kyrie Irving

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2022