Terus terang, tindakan Departemen Perdagangan untuk memulai penyelidikan ini adalah bencana bagi industri kami
Washington (ANTARA) - Para pejabat perdagangan AS pada Senin (28/3) mengatakan mereka akan meluncurkan penyelidikan yang dapat mengakibatkan tarif panel surya yang diimpor dari empat negara Asia Tenggara, pukulan bagi pengembang proyek energi bersih yang mengandalkan impor murah untuk menekan biaya.

Keputusan Departemen Perdagangan terkait impor dari Malaysia, Thailand, Vietnam dan Kamboja merupakan kemenangan bagi Auxin Solar. Pabrikan panel surya yang berbasis di San Jose, California itu tahun ini meminta penyelidikan, dengan alasan bahwa pabrikan China mengalihkan produksi ke negara-negara tersebut untuk menghindari pembayaran bea masuk AS selama hampir satu dekade untuk barang-barang panel surya buatan China.

Petisi Auxin adalah yang terbaru dari serangkaian upaya produsen panel surya AS untuk membendung aliran panel murah Asia yang mereka anggap membuat produk mereka tidak dapat bersaing di pasar.

Kelompok perdagangan industri panel surya mengatakan penyelidikan saja akan segera menghambat pengembangan proyek dan membahayakan kemajuan AS dalam mengatasi perubahan iklim. Presiden Joe Biden telah menetapkan tujuan untuk menyapih sektor listrik AS dari bahan bakar fosil pada 2035, target yang dapat mendorong tenaga surya untuk memasok hingga 40 persen dari kebutuhan listrik negara - naik dari 3,0 persen saat ini.

Impor dari empat negara tersebut menyumbang sekitar 80 persen dari panel yang diharapkan akan dipasang di Amerika Serikat tahun ini, menurut kelompok industri American Clean Power Association.

"Keputusan ini secara efektif membekukan pengembangan di industri panel surya AS," kata CEO asosiasi Heather Zichal dalam panggilan konferensi dengan wartawan. "Terus terang, tindakan Departemen Perdagangan untuk memulai penyelidikan ini adalah bencana bagi industri kami."

Dalam sebuah pernyataan, juru bicara Departemen Perdagangan mengatakan departemen itu akan "melakukan penyelidikan terbuka dan transparan."

"Penyelidikan ini hanyalah langkah pertama - belum ada penentuan dengan satu atau lain cara tentang manfaatnya, dan tidak ada tugas tambahan yang akan dikenakan saat ini," kata juru bicara itu.

Dalam sebuah memo yang diposting di situs web Departemen Perdagangan pada hari sebelumnya, para pejabat mengatakan Auxin telah memberikan informasi yang menunjukkan bahwa perusahaan panel surya yang beroperasi di empat negara tersebut adalah anak perusahaan dari produsen besar China dan bahwa produk yang dibuat di sana akan tunduk pada countervailing dan tarif anti-dumping AS jika dibuat di China.

"Auxin dengan tepat menuduh unsur-unsur yang diperlukan untuk penentuan pengelakan," kata memo itu.

Departemen Perdagangan mengatakan akan mengeluarkan penetapan awal dalam waktu 150 hari.

Auxin menyambut baik keputusan tersebut.

"Kami berterima kasih kepada pejabat Perdagangan yang menyadari kebutuhan untuk menyelidiki dumping backdoor yang meluas ini dan bagaimana hal itu terus melukai produsen panel surya Amerika,"

Kelompok perdagangan tenaga surya AS melobi keras agar Departemen Perdagangan menerima petisi tersebut. Pada Senin (28/3), mereka mengatakan proyek-proyek sekarang akan dipaksa untuk memutuskan apakah mereka dapat bergerak maju mengingat potensi tarif baru yang dapat meningkatkan biaya mereka secara tajam. Panel surya membuat sekitar setengah biaya sistem skala besar.

Baca juga: Astronaut NASA selesaikan aktivitas spacewalk untuk pemasangan panel surya

 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2022