Banda Aceh (ANTARA News) - Sebanyak 56 calon jamaah haji (calhaj) Embarkasi Banda Aceh yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) terakhir provinsi itu dipastikan akan diberangkatkan melalui Embarkasi Polonia Medan, Sumatera Utara, pada Sabtu.

"Pihak maskapai penerbangan Garuda Indonesia telah memberikan kepastian bahwa calhaj Kloter 14 Embarkasi Banda Aceh akan berangkat bersama rombongan Calhaj Embarkasi Polonia Medan," kata Hubungan Masyarakat Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Banda Aceh, Juniazi, Sabtu.

Hal itu disampaikan terkait kepastian pemberangkatan calhaj kloter akhir yang sebelumnya diharapkan dapat diterbangkan melalui Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda, Blang Bintang, Kabupaten Aceh Besar.

Dijelaskannya, seluruh calhaj sisa kloter penuh itu akan berangkat dari Banda Aceh menuju Sumatera Utara (Sumut) pada Jumat (21/10) sebelum bertolak ke Tanah Suci pada Sabtu (22/10) sekitar pukul 07.00 WIB.

Ia mengatakan, pihak Garuda Indonesia akan menanggung seluruh biaya perjalanan 56 calhaj Embarkasi Banda Aceh yang diberangkatkan menuju Medan.

"Kami telah menyampaikan informasi tersebut kepada seluruh calhaj yang masuk dalam kloter terakhir, agar bisa mempersiapkan dirinya untuk bertolak ke Tanah Suci melalui Bandara Polonia Medan," katanya.

Pada musim haji 2011, Pemerintah Pusat memberikan kuota haji untuk provinsi berpenduduk sekitar 4,6 juta jiwa itu sebanyak 4.803 calhaj yang terdiri dari 1.937 laki-laki dan 2.866 perempuan.

Hingga saat ini, jumlah calhaj Aceh yang telah tiba di Arab Saudi sejak hari pertama pemberangkatan, Minggu (2/10) sebanyak 1.946 orang yang tergabung dalam enam Kloter.

"Calhaj yang telah tiba di Tanah Suci tersebut sudah melaksanakan sejumlah ibadah seperti Shalat sunnah Arba"in dan berziarah ketempat-tempat bersejarah di Madinah," demikian Juniazi.
(T.KR-IFL*BDA1)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2011