Bogor (ANTARA News) - Organisasi relawan kesehatan "Medical Emergency Rescue Committee" (MER-C) Indonesia menyatakan akan mengikuti misi karavan darat yang diberi nama "Global March to Jerussalem", sebagai hasil konferensi di Iran yang berlangsung pada 1-2 Oktober 2011.

"Misi tersebut, direncanakan pada Maret 2012, dimulai dari India menuju Yordania, kemudian melewati jembatan Allenby yang menghubungkan antara Yordania dan Tepi Barat, Palestina menuju Jerussalem," kata Ketua Presidium MER-C Indonesia dr Sarbini Abdul Murad kepada ANTARA di Bogor, Jawa Barat, usai mengikuti konferensi di
Iran.

Ia menjelaskan, atas undangan Parlemen Islam Iran, dirinya berkesempatan mengikuti "5th International Conference for Support Palestine" yang digelar di Teheran Iran pada 1 - 2 Oktober 2011.

MER-C Indonesia menjadi satu dari sedikit LSM yang menghadiri konferensi akbar untuk pembebasan Palestina yang sebagian besar dihadiri oleh para pejabat, parlemen dan tokoh masyarakat dari sekurangnya 44 negara, termasuk delegasi parlemen Indonesia.

Dikemukakannya bahwa pada akhir 2010 hingga awal 2011, karavan serupa sudah pernah dilakukan dengan target akhir memasuki Jalur Gaza.

Kali ini, sebagai bentuk dukungan kembali terhadap kemerdekaan Palestina yang belum kunjung didapat, akan diadakan karavan darat kembali dengan target akhir adalah Jerussalem.

Tujuan karavan tersebut, kata dia, adalah untuk memperjuangkan kemerdekaan Palestina dan merebut kota Jerussalem sebagai ibu kota Palestina.
(T.A035/S006)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011