Jakarta (ANTARA) - Indonesia Garuda Mine Rescue Team yang diwakili oleh tim tanggap darurat perusahaan jasa pertambangan PT Putra Perkasa Abadi (PPA) berhasil meraih empat trofi di ajang Kompetisi Tanggap Darurat Pertambangan atau Mining Emergency Rescue Competition (MERC) 2023 di Langley Park, Perth, Australia.

Direktur Operasional PPA Joko Tri Raharjo mengungkapkan rasa syukurnya atas prestasi yang diraih oleh Tim Indonesia Garuda Mine Rescue pada ajang yang pertama kali diikuti tersebut.

“Itu bukti bahwa Tim Indonesia Garuda Mine Rescue tidak kalah skillful dan kuat dari tim-tim perusahaan kelas dunia tersebut,” ucap Joko dalam keterangan di Jakarta, Kamis.

MERC merupakan kompetisi nirlaba yang memberikan pelatihan penyelamatan keadaan darurat (emergency rescue) kelas dunia dan pengembangan keterampilan bagi tim respons darurat atau Emergency Response Team (ERT) perusahaan pertambangan.

Tim Indonesia Garuda Mine Rescue berkompetisi dalam tujuh skenario melawan 14 tim ERT dari sejumlah perusahaan pertambangan lainnya termasuk BHP, Rio Tinto, Newmont, Northern Star, Regis, Barto Gold, Fortescue, dan Synergy. Ketujuh skenario yang dilombakan yaitu Confined Space Rescue, ERT Readiness, Fire Fighting, First Aid, Hazmat Rescue, Road Crash Rescue, dan Vertical Rescue.

Pada kompetisi yang berlangsung 24-26 November 2023 tersebut, Tim Indonesia Garuda Rescue Mine berhasil mendapatkan Trofi Juara 1 Skenario Vertical Rescue, Juara 2 Skenario Hazmat Rescue, dan Juara 3 Skenario Fire Fighting & Breathing Apparatus Skill.

Selain itu, tim juga berhasil membawa pulang Trofi Team Spirit Awards karena dinilai memiliki semangat dan keinginan yang sangat tinggi untuk melakukan penyelamatan, penuh hormat, solid dan saling menyemangati antara anggota.

Prestasi ini adalah kali pertama peserta internasional di luar Australia yang berhasil mendapatkan kemenangan hingga empat penghargaan, dalam sejarah Kompetisi Tanggap Darurat Pertambangan yang diselenggarakan MERC.

Menteri Tambang & Petroleum, Energi, Industri Hidrogen, Hubungan Industrial Australia Barat, Bill Johnston yang menghadiri acara penutupan MERC 2023 secara khusus mendatangi meja Tim Indonesia Garuda Mine Rescue dan memberikan selamat secara langsung kepada tim.

Sue Stelle, salah seorang anggota pendiri MERC, mengatakan pihaknya mengapresiasi prestasi yang diraih tim dari Indonesia. Menurutnya, tim Indonesia telah memperlihatkan inti dari sikap penyelamatan di tambang.

“Mereka semua terlatih dengan baik, profesional, dan benar-benar orang-orang yang baik. Kami akan selalu menyambut kehadiran Indonesia Garuda Mine Rescue Team kembali di ajang MERC,” puji Stelle.

Judicator dari Vertical Rescue Scenario, Tony mengungkapkan bahwa prestasi memenangkan skenario Vertical Rescue adalah mimpi yang sangat besar bagi semua tim yang berkompetisi di MERC.

“Terima kasih telah membiarkan kami melihat kalian menyelesaikannya secara profesional,” ucap Tony.

Pujian juga diberikan oleh Sandra Wagner yang meraih gelar Best Medic dan Captain dua kali berturut-turut dalam MERC. Menurut dia, sepanjang penyelenggaraan kompetisi tersebut, banyak tim yang bersaing di MERC, tetapi hanya sedikit yang mendapat juara.

“Tim-tim ERT dari Australia yang baru pertama kali mengikuti MERC biasanya tidak memenangkan juara sama sekali, tapi kalian memenangkan beberapa trofi di ajang ini,” puji Wagner.

Baca juga: PT Timah terbaik terapkan "Good Mining Practices"  di ASEAN 
Baca juga: PPA raih penghargaan jasa pertambangan terbaik dari Kementerian ESDM
Baca juga: PTBA raih lima penghargaan Good Mining Practice dari Kementerian ESDM

 

Pewarta: Faisal Yunianto
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023