Jakarta (ANTARA) - Perusahaan jasa kontraktor pertambangan PT Putra Perkasa Abadi (PPA) mendapatkan penghargaan sebagai pemegang Izin Usaha Jasa Pertambangan (IUJP) terbaik dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral di ajang Good Mining Practice (GMP) Award 2023.

PPA juga memperoleh Piagam Penghargaan Aditama dalam pengelolaan standardisasi usaha jasa pertambangan mineral dan batubara di antara 65 Badan Usaha Pemegang IUJP yang dinilai.

Presiden Direktur PPA, Christianto Setyo dalam keterangan di Jakarta, Sabtu, menegaskan komitmen PPA untuk terus menerapkan kaidah pertambangan yang baik pada operasional penambangan di setiap site.

“Tahun ini PPA berhasil mempertahankan trofi IUJP terbaik dan mendapatkan 6 piagam Aditama, prestasi ini tidak terlepas dari dukungan insan PPA di seluruh Indonesia hingga penghargaan ini dapat diraih. kami juga mengucapkan terima kasih kepada Kementerian ESDM dan Ditjen Minerba atas apresiasi yang telah diberikan,” ujar Christianto usai menerima penghargaan pada Jumat (29/9/2023).

PT Antareja Mahada Makmur (AMM), anak perusahaan PPA, juga mendapatkan Piagam Penghargaan Aditama untuk AMM Site MHU, AMM Site ABP, dan AMM Site BIB.

Christianto mengatakan dengan meraih sejumlah penghargaan ini menunjukkan bahwa dedikasi dan komitmen PPA Group dalam menjalankan praktik pertambangan yang baik guna mencapai target operasional.

"PPA Group juga berkomitmen untuk terus berperan aktif dalam menjaga lingkungan kerja yang aman, sehat, dan berkelanjutan serta berkontribusi pada kelestarian alam dan perekonomian masyarakat di sekitar tambang," tambahnya.

Direktur Teknik dan Lingkungan/Kepala Inspektur Tambang Kementerian ESDM, Sunindyo Suryo Hendardi selaku ketua panitia menjelaskan GMP Award tahun ini diikuti oleh 13 perusahaan Kontrak Karya, 33 perusahaan PKP2B (Perjanjian Karya Pengusahaan Pertambangan Batubara), 30 perusahaan IUPMA (Izin Usaha Pertambangan Modal Asing), 24 perusahaan IUP PMDN, 9 perusahaan IUPK (Izin Usaha Pertambangan Khusus), dan 65 perusahaan IUJP.

“Acara ini adalah bentuk apresiasi dari pemerintah bagi perusahaan atas kinerja yang sudah dilakukan untuk menambah motivasi dan sehingga kaidah teknik yang baik ditingkatkan dan bisa mendorong para perusahaan pertambangan di seluruh Indonesia untuk lebih termotivasi dalam menerapkan dan memberikan contoh baik penerapan kaidah teknis pertambangan kepada perusahaan lainnya yang masih tertinggal,” ucap Sunindyo

Menteri ESDM Arifin Tasrif dalam sambutannya secara online mengungkapkan pentingnya penerapan kaidah teknis pertambangan yang baik.

“Dengan diterapkannya kaidah teknis pertambangan yang baik diharapkan pengelolaan kegiatan pertambangan mineral dan batubara dapat berlangsung secara efektif, efisien, aman, dan ramah lingkungan” kata Arifin.

Baca juga: PTBA raih lima penghargaan Good Mining Practice dari Kementerian ESDM
Baca juga: ESDM minta partisipasi perusahaan wujudkan "good mining practice"
Baca juga: KSP: "Good mining practice" jaga lingkungan dan keberlanjutan industri

 

Pewarta: Faisal Yunianto
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023