Kegiatan ini adalah salah satu kegiatan yang sangat kami dukung, karena menjadi ajang berbagi dan peningkatan skill tim tanggap darurat perusahaan, ini juga bentuk dari keseriusan pemerintah untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan kita ...
Jakarta (ANTARA) - Perusahaan jasa kontraktor pertambangan PT Putra Perkasa Abadi (PPA) kembali menjadi juara umum di Indonesia Fire and Rescue Challenge (IFRC) 2023, mempertahankan gelar yang diraih pada ajang serupa tahun lalu.

IFRC ke-20 tahun 2023 yang digelar di Site Borneo Indobara Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, pada 11-12 September 2023, diikuti oleh 24 tim tanggap darurat atau Emergency Response Team (ERT) dari perusahaan tambang dan jasa kontraktor tambang seluruh Indonesia.

Kepala Inspektur Tambang Ditjen Minerba Kementerian ESDM, Sunindyo Suryo Herdadi dalam keterangan dikutip di Jakarta, Selasa, mengatakan pihaknya sangat mendukung kegiatan ini. IFRC dinilai sebagai ajang untuk menguji kompetensi dan kesiapsiagaan personil ERT perusahaan pertambangan dalam menghadapi situasi keadaan darurat di lokasi perusahaan atau di wilayah lainnya.

“Kegiatan ini adalah salah satu kegiatan yang sangat kami dukung, karena menjadi ajang berbagi dan peningkatan skill tim tanggap darurat perusahaan, ini juga bentuk dari keseriusan pemerintah untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan kita dari Tim ESDM Siaga Bencana karena tantangan kita ke depan cukup kompleks,” kata Sunindyo Suryo Herdadi dalam sambutan dalam acara tersebut.

Baca juga: Presdir Freeport sebut pertambangan Indonesia paling maju di ASEAN

Ada delapan cabang challenge dalam IFRC ke-20, yakni High Angle Rescue (HAR), Structural Fire Fighting (SFF), Confined Space Rescue (CSR). Selanjutnya, Mud Rescue (MDR), Road Accident Rescue (RAR), Underwater Rescue & Recovery Challenge (UWRRC), Firefighter Combat Challenge (FCC) dan Firefighter Competency Test (FCT).

PPA berhasil mempertahankan dominasinya dengan meraih 5 medali emas dari delapan kategori yang dipertandingkan dan berhak atas juara bergilir dari Kementerian ESDM. Sementara posisi kedua ditempati oleh PT Freeport Indonesia yang berhasil meraih 2 medali emas dan 2 medali perak. Di posisi ketiga, PT Borneo Indobara berhasil meraih 1 medali emas.

Direktur Operasional PPA, Joko Triraharjo mengatakan keberhasilan sebagai juara umum adalah hasil kerja keras dan dedikasi tim PPA serta dukungan kuat dari seluruh stakeholders.

Ia mengatakan pihaknya akan terus berusaha untuk menjadi yang terbaik dalam bidang Fire and Rescue, serta berkomitmen untuk terus memberikan layanan terbaik bagi masyarakat Indonesia.

"Kami berharap prestasi ini akan memberikan inspirasi dan semangat kepada generasi muda Indonesia untuk terus berprestasi dalam berbagai bidang,” ujar Joko Triraharjo.

Baca juga: Anggota DPR dukung legalisasi pertambangan rakyat

Sebagai Juara Umum IFRC ke-20, Tim PPA akan mewakili Indonesia pada ajang internasional yaitu Mining Emergency Response Competition yang diadakan di Australia pada 24-26 November 2023 dengan nama Tim Garuda Mine Rescue.

Dikatakan, PPA juga resmi ditunjuk menjadi tuan rumah IFRC ke-21 tahun 2024 yang akan digelar di kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

“Persiapan kami sebagai tuan rumah sudah mencapai 38 persen, mudah-mudahan tahun depan sudah siap digunakan untuk IFRC,” ucap Joko Tri Raharjo.

Pewarta: Faisal Yunianto
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023