Tentunya agar setiap konten yang disebarkan para mahasiswa memiliki nilai edukasi, menarik, menghibur, mencerahkan dan informatif serta tidak provokatif.
Palangka Raya (ANTARA) - Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA bekerja sama dengan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Palangka Raya (FISIPOL UMPR) memberikan pelatihan jurnalistik pada mahasiswa setempat.

"Bahwa pelatihan jurnalistik ini memberikan gambaran cara kerja jurnalis. Selain itu juga untuk meningkatkan kemampuan 'soft skill' di era perkembangan teknologi informasi," kata Rektor UMPR Dr Sonedi saat membuka acara di Palangka Raya, Selasa.

Menurut dia, di era perkembangan dan penyebaran informasi yang begitu luas, penting bagi mahasiswa memiliki kemampuan mencari, menyaring dan mengolah serta mendistribusikan berbagai peristiwa.

Tentunya, agar setiap konten yang disebarkan para mahasiswa memiliki nilai edukasi, menarik, menghibur, mencerahkan dan informatif serta tidak provokatif.
Baca juga: UMP-Antara kerja sama gelar seminar nasional "public speaking"
Baca juga: BPN Palangka Raya-ANTARA kerja sama perluasan informasi pertanahan
Rektor UMPR Dr.Sonedi (tengah, batik), Kepala Biro LKBN ANTARA  Kalteng Rahmat Hidayat, M.Ikom, dan Ketua Prodi Ilmu Komunikasi Dr.(Kand.) Junaidi usai pembukaan pelatihan jurnalistik bagi mahasiswa di FISIPOL Universitas Muhammadiyah Palangkaraya, Selasa (29/3/2022). (ANTARA/Rendhik Andika)
Dia pun berharap materi yang disampaikan para narasumber akan bermanfaat bagi mahasiswa di masa depan, terutama dalam meningkatkan kemampuan 'soft skill'. Para peserta juga diminta tidak hanya terpaku di perkuliahan reguler tapi juga harus aktif di luar sana.

"Di masa depan, mencari pekerjaan bukan hanya didasarkan pada ijazah, tapi juga kemampuan lain atau kompetensi yang dimiliki. Kompetensi ini menunjukkan tingkat profesional dalam tugas atau kemampuan yang dimiliki," kata Sonedi.

Kepala LKBN ANTARA Biro Kalimantan Tengah Rachmat Hidayat mengatakan, melalui kegiatan ini pihaknya ingin meningkatkan pengetahuan dan kemampuan mahasiswa di universitas setempat tentang jurnalistik, terutama video dan foto.

"Pengetahuan jurnalistik di era perkembangan teknologi ini kita juga banjir dengan penyebaran informasi. Padahal tidak semua kabar yang tersebar itu benar," katanya.

Untuk itu, melalui acara ANTARA Goes To Campus, pihaknya berharap para mahasiswa mampu membendung penyebaran berita bohong. Selain itu juga mampu menghasilkan konten foto dan video yang mencerahkan, mengedukasi dan menarik.

Kegiatan itu sendiri merupakan salah satu program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan BUMN, sebagai bentuk komitmen perusahaan terhadap pembangunan berkelanjutan.

Pada acara yang diikuti sekitar 120 mahasiswa Prodi Administrasi Negara dan Prodi Komunikasi secara daring dan luring itu, bertindak sebagai pemateri video jurnalistik yakni Ardi Irawan dan pada foto jurnalistik Puspa Perwitasari. Keduanya merupakan jurnalis video dan foto LKBN ANTARA yang berpengalaman di bidang masing-masing.

Baca juga: Polda - ANTARA Kalteng jalin kerja sama optimalkan publikasi
Baca juga: ANTARA Kalteng terima penghargaan dari Ombudsman



 

Pewarta: Rendhik Andika
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2022