''Masyarakat perlu memahami seperti program PTSL, penetapan tapal batas, pengajuan legalitas tanah hak milik termasuk mengetahui standar prosedur setiap layanan..,"
Palangka Raya (ANTARA) - Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Palangka Raya dan Lembaga Kantor Berita Nasional ANTARA Biro Kalimantan Tengah bekerja sama untuk mengoptimalkan penyebarluasan informasi agraria kepada masyarakat.

"Kami berharap kerja sama ini semakin mengoptimalkan pelaksanaan program dan kegiatan pembangunan, pertanahan dan agraria yang kami miliki," kata Kepala BPN Kota Palangka Raya, Budhy Sutrisno, Kamis.

Dia mengatakan melalui jalinan kerja sama tersebut berbagai program strategis pemerintah yang ada pada BPN, khususnya di wilayah Palangka Raya bisa tersosialisasikan secara maksimal kepada masyarakat.

''Masyarakat perlu memahami seperti program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), penetapan tapal batas, pengajuan legalitas tanah hak milik termasuk mengetahui standar prosedur setiap layanan yang kami berikan," katanya.

Sehingga, lanjut dia, antusias masyarakat untuk mendaftar serta menyukseskan program pemerintah tentang pertanahan, agraria semakin semakin meningkat.

Budhy menambahkan dengan mengoptimalkan publikasi serta penyampaian berbagai informasi strategis Badan Pertanahan Nasional di "Kota Cantik" diharapkan masyarakat semakin memahami berbagai aturan yang berlaku terkait pertanahan.
Baca juga: BPN Palangka Raya ingatkan masyarakat tak gunakan jasa calo
Baca juga: Sengketa pertanahan masih marak di Palangka Raya


Misalnya saat seseorang memiliki sertifikat, maka orang tersebut juga berkewajiban merawat tanahnya dan juga menjaga patok batasnya tidak bergeser atau bergeser.

Dia pun ingin BPN semakin dikenal dan lebih dekat dengan masyarakat. Selama ini kendala yang ditemui, tampaknya juga dikarenakan citra BPN yang cenderung dikenal masyarakat bahwa mengurus tanah di BPN sulit, hingga biayanya tinggi.

"ini bisa terjadi karena rata-rata masyarakat tidak mengurus tanahnya sendiri, yaitu melalui pihak lain. Padahal jika dilakukan sendiri dan semua syarat terpenuhi proses layanan akan sesuai SOP yang ada," katanya.

Maka untuk menghindari itu, salah satu upaya yang dilakukan, pihaknya menyediakan loket prioritas pada kantor BPN. Di loket prioritas ini, masyarakat bisa berurusan dan menyelesaikan berbagai keperluannya sesuai tahapan dan prosedur yang berlaku.

Pihaknya pun terus berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, sehingga masyarakat merasa semakin nyaman dan memahami bahwa berurusan ke BPN sangat mudah.

Penandatanganan kerja sama antara BPN Palangka Raya dan LKBN ANTARA Biro Kalimantan Tengah itu sendiri di laksanakan Rabu di kantor BPN setempat.

Sementara itu Kepala LKBN ANTARA Biro Kalteng Rachmat Hidayat mengatakan, pihaknya siap bersinergi dan mendukung optimalisasi penyebaran informasi mengenai berbagai program dan kegiatan pembangunan oleh BPN Palangka Raya.

"Kami siap bekerja maksimal menyampaikan berbagai program dan kegiatan strategis oleh BPN Palangka Raya, agar diketahui serta bisa dimanfaatkan masyarakat," katanya.
Baca juga: Polda - ANTARA Kalteng jalin kerja sama optimalkan publikasi
Baca juga: ANTARA Kalteng terima penghargaan dari Ombudsman
Baca juga: UMP-Antara kerja sama gelar seminar nasional "public speaking"

Pewarta: Rendhik Andika
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2021