Jangan kita menjadi tamu di negeri sendiri, kita harus mampu untuk mengambil peluang,
Batam (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengajak para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memanfaatkan potensi ekspor produk hijau (green product).

“Kita melihat peningkatan ekspor dengan mengedepankan green product,” ujar Sandiaga Uno dalam pembukaan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) 2022 di Batam, Kepulauan Riau, Rabu.

Menurut dia, produk hijau merupakan bagian dari ekonomi baru yang mengedepankan kualitas dan keberlanjutan, aspek kesehatan, kebersihan, maupun kesadaran terhadap konservasi, keberlanjutan, serta kelestarian lingkungan.

Jika melihat di Batam, lanjutnya, banyak destinasi wisata yang membuka peluang untuk mengembangkan produk hijau, seperti penanaman hutan mangrove dan wisata bahari.

Dalam kesempatan tersebut, ia mengaku bahagia atas penyelenggaraan Gernas BBI 2022 yang dibarengi dengan Gerakan Nasional Bangga Berwisata di Indonesia (Gernas BWI) karena telah memberikan dampak positif terhadap perekonomian.
Baca juga: Celah ekonomi dari produk hijau

Pada tahun 2021, pertumbuhan ekonomi dikatakan sudah bertumbuh 3,43 persen karena didongkrak oleh industri. Namun, dari sisi pariwisata dan ekonomi kreatif masih perlu didorong.

“Oleh karena itu, kami melihat peluang dari ekspor industri ekonomi kreatif baik di Batam maupun di Kabupaten lainnya untuk pintu gerbang border Indonesia,” ucap dia.

Menparekraf juga mengabarkan bahwa pembatasan antara Batam dengan Singapura akan dibuka pada 31 Maret 2022. Kepri disebut sudah siap dari segi infrastruktur, pariwisata, maupun sektor ekonomi kreatif.

“Jangan kita menjadi tamu di negeri sendiri, kita harus mampu untuk mengambil peluang, mencetak pemenang dan, tingkatkan produk-produk kita dari segi kualitas. Kita melihat awal yang baik untuk gerakan BBI 2022,” kata Sandiaga.
Baca juga: Presiden Jokowi sebut Indonesia punya kekuatan "green product"

​​​​​​Gernas BBI di Kepri mengusung tema Expanding to the New Market, Recover Together, Recover Stronger yang dibungkus dengan slogan UKM Kepri #WithoutBorder.

Secara total, terdapat 250 UMKM yang terlibat dalam pameran UMKM selama lima hari sejak 30 Maret - 3 April 2022 yang berlokasi di area Parkir Harbour Bay, Kota Batam.

Selain 46 UMKM hasil kurasi Kemenkop dan 132 UKM yang difasilitasi BI, terdapat pula 72 UMKM dari Pasar Rakyat (Bazar Kuliner).

Baca juga: Penerapan industri hijau bisa tingkatkan daya saing produk
Baca juga: Presiden Jokowi kaget, investor antre masuk Green Industrial Park


Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2022