Jakarta (ANTARA News) - Pengamat Politik UI Hamdi Moeloek melihat adanya kemungkinan orang-orang disekitar Susilo Bambang Yudhoyono yang turut andil memengaruhi formasi perombakan kabinet sehingga presiden tidak leluasa mengambil keputusannya.

"Ya bukan mustahil pula diantara mereka ada yang tidak loyal kepada presiden," ujar Hamdi ketika diminta tanggapannya seputar berlarut-larutnya keputusan presiden soal perombakan kabinet.

Menurut Guru Besar Ilmu Psikologi Politik UI itu, seharusnya orang-orang di sekitar "ring satu" itu adalah orang-orang presiden sendiri yang sudah teruji loyalitasnya.

Namun demikian, ia menambahkan, bisa pula terjadi presiden lah yang justru menugaskan orang-orang disekitarnya untuk test the water demi mengetahui siapa lawan dan siapa kawan atau memperjelas posisi masing-masing dengan dihembuskannya isu reshuffle itu.

"Tapi yang jelas dari kepentingan publik, makin lama isu ini dibiarkan tanpa ada kejelasan atas keputusan presiden, maka dampaknya akan semakin buruk," ujarnya.

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2011