Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita humaniora kemarin yang masih menarik untuk dibaca, mulai dari langit Jakarta berkabut hingga warung makanan selama Ramadhan.

1. Sri Sultan HB X ciptakan Himne Serangan Umum 1 Maret

Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat Sri Sultan Hamengku Buwono X menciptakan Himne Serangan Umum 1 Maret sebagai salah satu lagu untuk selebrasi Hari Penegakan Kedaulatan Negara (HKPN) di Istana Kepresidenan Yogyakarta.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini

2. BMKG jelaskan fenomena langit dan udara Jakarta berkabut akibat polusi

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menjelaskan adanya fenomena langit dan udara di DKI Jakarta yang tampak berkabut akibat polusi.

Kepala Pusat Informasi Perubahan Iklim BMKG Dodo Gunawan saat dikonfirmasi di Jakarta, mengatakan terlihat kabut di langit DKI Jakarta karena peningkatan aktivitas kendaraan.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini

3. Warga Negeri Wakal malam Ini mulai shalat tarawih dan besok puasa

Warga Negeri Wakal, Jazirah Leihitu, Maluku Tengah, mulai Rabu, 30 Maret malam ini menjalankan shalat tarawih sebagai pertanda besok dimulainya puasa pertama pada 1443 Hijriah tahun 2022.

"Iya benar, pengurus mesjid sudah umumkan ke warga usai sholat Jumat pekan kemarin kalau kita mulai tarawih perdana di Rabu malam Kamis," kata Imam Masjid Raya Nurul Awal Wakal, Kasim Tahapary.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini

4. Truk boks terbakar di Tol Purbaleunyi arah Cileunyi Kamis dini hari

Sebuah truk boks terbakar di lajur satu atau lajur kiri jalan Tol Purbaleunyi KM 85+200 arah Cileunyi, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, pada Kamis dini hari (31/3).

Kebakaran yang melanda truk boks di ruas Jatiluhur KM 85+200 arah Cileunyi pada 00:20 WIB itu sudah ditangani petugas, tulis PT Jasa Marga dalam akun Twitternya.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini

5. MUI: Warung penjual makanan tak perlu tutup saat Ramadhan

Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI) Amirsyah Tambunan menyatakan warung penjual makanan tak perlu tutup saat Ramadhan, hanya saja perlu diatur agar kegiatan ekonomi tetap berlangsung.

"Kalau ada istilah tutup semua saat Ramadhan, tutup yang mana, harus jelas," ujar Amirsyah.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2022