Cinangka (ANTARA News) - Gunung Anak Krakatau mengeluarkan asap putih tipis, berbeda dengan satu pekan sebelumnya yang berwarna kelabu.

"Asap Gunung Anak Krakatau hari ini terpantau berwarna putih, berbeda dengan hari sebelumnya selama satu pekan lebih berwarna kelabu," kata Kepala Pos Pemantau Gunung Anak Krakatau di Desa Pasauran, Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang, Provinsi Banten, Selasa.

Dia menjelaskan, asap Gunung Anak Krakatu yang berwarna putih itu katanya tipis, tidak pekat, seperti warna asap sebelumnya yang berwarna kelabu. "Warna putihnya tipis, tidak pekat seperti asap sebelumnya," katanya menambahkan.

Visualnya, masih menurut Anton, Gunung Anak Krakatau sangat jelas, didukung dengan cuaca yang cerah. "Dilihat dari Pos Pemantau di Desa Pasauruan visual Gunung Anak Krakatau jelas," katanya.

Sementara bila dilihat dari pantai Anyer, menurut Zaman, warga pesisir Anyer, Gunung Anak Krakatau terlihat jelas, namun tidak dengan asap yang dikeluarkannya. "Kalau di pinggir Pantai Anyer ini tidak kelihatan asapnya, tapi hanya terlihat jelas wujud Gunung Anak Krakatau," kata Zaman.

Warga lainnya, Maryani, juga mengaku hari ini tidak melihat ada asap yang keluar dari Gunung Anak Krakatau. "Mungkin kalau dari pos pemantau yang ada di Desa Pasauran memang terlihat, tapi hari ini saya tidak melihat ada asap yang keluar," katanya.

(ANTARA)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011