Denpasar (ANTARA News) - Pebalap dari Plan B Racing Team, Eric Sheppard, dinobatkan sebagai juara Speedy Tour d`Indonesia (STDI) 2011 setelah meraih waktu tercepat 34 jam 23 menit 21 detik dari Jakarta menuju Denpasar yang berjarak 1.349,4 km.

"Saya cukup beruntung pada balapan ini. Yang jelas tidak ada persiapan khusus untuk turun di Speedy Tour d`Indonesia," kata Eric Sheppard setelah menerima Piala Presiden di Lapangan Puputan Denpasar, Bali, Rabu.

Pebalap asal Australia itu unggul 17 detik dari Christoph Springer dari Germany Wurtternberg Team yang berada diposisi dua dan posisi tiga ditempati pebalap Hongkong Team, Chun Hing Chan dengan catatan waktu 34.24.28.

Menurut dia, meski tidak melakukan persiapan khusus, dirinya tetap latihan seperti biasa. Apalagi aktivitas balap sepeda baik di universitas maupun kejuaraan yang lain cukup tinggi.

"Setelah merebut yellow jersey di etape IX, saya langsung berusaha mempertahankan diri di etape X. Memang berat sebetulnya. Tapi akhirnya saya bisa," kata Eric menambahkan.

Di etape X dari Kintamani menuju Denpasar, pebalap asal Australia itu terlempar dari 10 besar pebalap tercepat. Meski demikian, perolehan catatan waktu selama ini tidak terkejar oleh pebalap lain termasuk pemegang yellow jersey sebelumnya, Bambang Suryadi, dari Polygon Sweet Nice Surabaya.

Dengan hasil ini dirinya bertekad akan turun pada Tour d`Indonesia 2012. Kejuaraan ini merupakan yang terbesar di Tanah Air. Pada tahun ini saja jumlah hadiah yang diperebutkan kurang lebih dari Rp1,2 miliar atau naik dari tahun 2010 yang hanya Rp1 miliar.

Pernyataan sama dikatakan raja tanjakan atau pemegang polkadot jersey STDI 2011, Fabia Nappa. Menurut dia, dirinya berjanji akan kembali datang ke Indonesia untuk mengikuti kejuaraan Tour d`Indonesia 2012.

"Ini polkadot jersey ketiga yang saya raih. Sebelumnya saya dapatkan di Jerman dan Belanda. Makanya, saya akan datang lagi ke Indonesia untuk berlomba," kata Fabia Nappa usai menerima piala.

Begitu juga Shinichi Fukushima dari Trengganu Cycling Team. Pemenang etape VIII dan X itu berjanji kembali ke Indonesia untuk berlomba. Pebalap asal Jepang itu siap beradu kencang dengan pebalap-pebalap yang lebih muda.

STDI 2011 dari Jakarta menuju Denpasar Bali diikuti 94 pebalap dari 19 tim. Kejuaraan terbesar di Tanah Air ini telah mendapatkan juara baru yaitu Eric Sheppard. Adapun juara 2010 adalah Herwin Jaya dari Polygon Sweet Nice Surabaya.

(ANTARA)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011