Anggota delegasi G20 antusias menyaksikan videorama yang menerangkan perkembangan industri furnitur Indonesia
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perindustrian menyampaikan bahwa delegasi Trade, Investment, and Industry Working Group (TIIWG) G20 antusias saat berkunjung ke pameran furnitur yang mengusung tema Sustainable Furniture: the Industry is becoming Greener.

"Anggota delegasi G20 antusias menyaksikan videorama yang menerangkan perkembangan industri furnitur Indonesia,” kata Plt Direktur Industri Hasil Hutan dan Perkebunan Kemenperin Mohammad Ari Kurnia Taufik lewat keterangannya diterima di Jakarta, Kamis.

Pasalnya, video tersebut menampilkan produk furnitur Indonesia yang telah menggunakan bahan baku yang berasal dari sumber lestari, berkelanjutan dan perannya dalam mendorong penggunaan bahan baku kayu yang legal.

Selan itu, lanjut Ari, para delegasi menunjukkan kekagumannya terhadap produk furnitur Indonesia yang dipamerkan.

“Kami juga menampilkan demo menganyam rotan dan delegasi G20 sangat tertarik melihatnya bahkan sebagian delegasi mencobanya sendiri,” tandasnya.

Menurut Ari, pameran ini merupakan kegiatan pertama yang diikuti anggota HIMKI setelah pandemi COVID-19.

“Harapan kami, eksibisi ini dapat membuka awareness anggota G20 akan kemajuan dan kualitas industri furnitur Indonesia yang menggunakan bahan baku yang dapat ditelusuri sumbernya,” pungkas Ari.

Diketahui, Kementerian Perindustrian menampilkan berbagai produk industri furnitur yang berkelanjutan kepada para delegasi dalam rangkaian pertemuan pertama.

Produk furnitur yang dipamerkan itu menunjukkan bahwa industri di tanah air menggunakan bahan baku yang memenuhi aspek legalitas dan ramah lingkungan.


Baca juga: Presiden Jokowi berpesan, pengusaha mebel agar jaga kelestarian hutan
Baca juga: Mendag harapkan pameran furnitur Ifex 2021 berperan pulihkan ekonomi
Baca juga: Kemenperin: pasar furnitur Indonesia tarik konsumen dunia


Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2022