Geo Dipa juga mendapatkan penghargaan kategori Top Team Work on Implementing CSR 2022
Jakarta (ANTARA) - PT Geo Dipa Energi (Persero) meraih penghargaan tertinggi bidang tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) dari Majalah Top Business, yaitu untuk kategori TOP CSR 2022 #Stars 5.

Penghargaan tersebut diberikan Top Business pada gelaran yang mengusung tema "Menjadi Perusahaan yang Bertanggung Jawab, yang Merupakan Kunci Strategi untuk Pertumbuhan Bisnis Berkelanjutan".

Ketua Penyelenggara TOP CSR Awards 2022 M Lutfi Handayani, dalam keterangan di Jakarta, Kamis, mengatakan Top CSR Awards bukan hanya sekadar kegiatan penilaian dan pemberian penghargaan semata, namun di dalamnya ada banyak proses penggalian nilai dari kegiatan perusahaan yang menjadi pembelajaran bersama untuk meningkatkan kualitas dan efektivitas pelaksanaan kegiatan CSR perusahaan.

Selain kategori tersebut, Geo Dipa juga mendapatkan penghargaan kategori Top Team Work on Implementing CSR 2022, yang mana Geo Dipa mendapatkan penghargaan tertinggi secara berturut-turut setelah tahun sebelumnya juga mendapatkan penghargaan untuk kategori yang sama.

Sebagai informasi, penyelenggaraan kegiatan ini melibatkan 850 perusahaan dan menghasilkan 160 finalis yang telah mengikuti beberapa tahap penjurian. Top CSR Awards 2022 diselenggarakan setiap tahun oleh Majalah Top Business, yang bekerja sama dengan sejumlah institusi seperti Perkumpulan Profesional Governansi Indonesia (PaGI), Asosiasi GRC Indonesia, Corebest (lembaga konsultan dan pelatihan CSR), LKN (Lembaga Kajian Nawacita), Yayasan Pakem (Yayasan Pengembangan Keuangan Mikro), SDP (PT Sinergi Daya Prima/konsultan GCG), SGL Management (konsultan Manajemen dan bisnis), dan Solusi Kinerja Bisnis (SKB).

Ketua Dewan Juri Top CSR Awards 2022 Mas Achmad Daniri, menjelaskan bahwa proses penilaian dan penjurian Top CSR Awards 2022 diklasifikasikan dalam lima tingkatan/Level Bintang, yang dinilai berdasarkan sejumlah kriteria.

Pertama, adalah bagaimana tingkat Keselarasan CSR dengan strategi bisnis melalui pendekatan CSV (Creating Shared Value). Kemudian yang kedua, adalah bentuk program CSR unggulan di masa COVID-19.

Ketiga, sejauh mana CSR perusahaan sudah mengadopsi ISO 26000 tentang TJSL. Keempat, adalah bagaimana kebijakan dan sistem tata kelola CSR, serta kelima adalah perumusan dan pelaksanaan kebijakan bisnis dan CSR perusahaan secara win-win, melalui penciptaan nilai manfaat bersama termasuk manfaat terhadap keberlanjutan bisnis perusahaan.

Berdasarkan pengklasifikasian tersebut, Geo Dipa dinilai berhasil menciptakan nilai manfaat bersama yang mendukung keberlanjutan bisnis perusahaan.

Direktur Utama Geo Dipa Riki Firmandha Ibrahim mengungkapkan bahwa penghargaan tersebut menunjukkan besarnya kepedulian perusahaan terhadap lingkungan dan sosial. “Ini sudah menjadi budaya untuk perusahaan seperti Geo Dipa yang memiliki visi jangka Panjang.

Dia mengatakan BUMN Geo Dipa sebagai perpanjangan tangan pemerintah dan special mission vehicle di Kementerian Keuangan, berperan dalam meningkatkan pemanfaatan energi terbarukan melalui pelaksanaan berbagai penugasan derisking yang diberikan sekaligus berperan aktip dalam meningkatkan ekonomi masyarakat dan  pemerintah daerah di mana Geo Dipa beroperasi.

Baca juga: GeoDipa berikan beasiswa penunjang kegiatan belajar di Jawa Tengah
Baca juga: Geo Dipa Energi akan bor sumur panas bumi di Manggarai Barat pada 2022
Baca juga: Geo Dipa Energi dukung percepatan vaksinasi COVID-19

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2022