Penting bagi kami untuk menjaga kepercayaan ini. Bukan hanya portofolio perusahaan, ini semua berkaitan dengan keyakinan terhadap iklim investasi energi terbarukan di Indonesia ke depan
Jakarta (ANTARA) - PT Geo Dipa Energi (Persero) (Geo Dipa) mendapatkan peringkat terbaik dalam penilaian yang dilakukan oleh Lembaga Pemeringkat Fitch Ratings untuk kategori Nasional Jangka Panjang, yaitu AAA.

Peringkat Geo Dipa ini dicapai melalui komitmen yang tinggi serta sejarah panjang operasional perusahaan yang baik, rekanan yang kuat, margin yang stabil, dan visibilitas pendapatan jangka panjang.

Dalam keterangan resmi di Jakarta, Selasa, Plt Direktur Utama Geo Dipa Yudistian Yunis mengungkapkan penilaian Fitch menjadi salah satu bukti bahwa Geo Dipa merupakan perusahaan yang sangat stabil dan memiliki fundamental keuangan yang kuat. Selain menjadi sebuah nilai tambah, kepercayaan ini juga merupakan sebuah tanggungjawab yang perlu dijaga.

"Penting bagi kami untuk menjaga kepercayaan ini. Bukan hanya portofolio perusahaan, ini semua berkaitan dengan keyakinan terhadap iklim investasi energi terbarukan di Indonesia ke depan," ucap Yudistian.

Dengan peringkat yang baik dari Fitch Ratings, Geo Dipa juga akan berusaha untuk terus memiliki prospek yang baik guna mengembangkan bisnis dan memainkan peran penting dalam pengembangan industri energi terbarukan, terutama panas bumi di Indonesia.

Peringkat AAA untuk kategori Nasional Jangka Panjang merupakan peringkat yang diberikan kepada perusahaan atau lembaga tertentu yang menunjukkan kredibilitas dan kapabilitas dalam mengelola dan membayar kembali pinjaman jangka panjang. Fitch memandang Geo Dipa telah memenuhi kriteria sangat baik dalam penilaian ini.

Geo Dipa yang juga merupakan Special Mission Vehicle (SMV) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memperoleh fasilitas pinjaman untuk mendanai ekspansi perusahaan sebesar 300 juta dolar AS dari Bank Pembangunan Asia (Asian Development Bank/ADB) dan 35 juta dolar As dari ADB Clean Technology Fund (CTF).

Pinjaman ini dijamin sepenuhnya oleh negara bersama dengan PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero) dimana, pemerintah menjamin lebih dari 75 persen pinjaman Geo Dipa. Tingginya proporsi penjaminan pemerintah tersebut menggambarkan kemampuan pengembalian yang sangat kuat sehingga meminimalkan risiko gagal bayar.


Baca juga: Erick tegaskan BUMN geotermal perlu konsolidasi garap potensi 24 GW
Baca juga: GeoDipa percepat pengembangan panas bumi dengan bangun 2 unit PLTP
Baca juga: Peran BUMN dinilai sangat strategis dalam pengembangan panas bumi

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2023