Bandung (ANTARA News) - Utusan dari Asian Football Confederation (AFC), Rabu (12/10), mendatangi Sekretariat Persib untuk memverifikasi kesiapan klub itu dan meninjau Stadion Si Jalak Harupat Soreang di Kabupaten Bandung terkait keikutsertaan klub itu dalam kompetisi tingkat Asia.

"Kehadiran tim dari AFC untuk memantau kesiapan tim-tim di Indonesia menjelang kompetisi mendatang salah satunya meninjau ke stadion `home base` yang akan digunakan Persib di Stadion Si Jalak Harupat Soreang," kata Bidang Komunikasi dan Media PT Persib Bandung Irvan Suryadireja di Bandung, Rabu.

Tim verifikasi AFC yang berjumlah enam orang itu terdiri dari Suzuki Tokuoki (Direktur Kompetisi), Mahajan Vasudevan, Benjamin Yan, Shanin Rahmani, Avin Tee serta Alisher Nikimbaeu.

Rombongan yang didampingi dua pengurus PSSI Farid Mubarak dan Handoyo tersebut mendatangi Sekretariat Persib Bandung di Jalan Sulanjana Kota Bandung.

Wakil Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) Resa Adiwijaya menerima utusan AFC serta melakukan pertemuan dengan beberapa staf dari PT PBB lainnya.

Selanjutnya, tim AFC dan Persib Bandung langsung meninjau dan memverifikasi Stadion Si Jalak Harupat Soreang Kabupaten Bandung yang akan menjadi "home base" dari Tim Maung Bandung musim depan.

Kelayakan stadion yang akan digunakan menjadi "home base" tim menjadi salah satu persyaratan yang akan menentukan lolos tidaknya verifikasi tim Persib untuk bisa lolos dan berkiprah pada kompetisi level Asia.

Selain itu, tiga aspek lainnya menjadi persyaratan verifikasi AFC, selain stadion juga aspek legalitas pemebentukan atan badan hukum Persib, finansial, infrastruktur serta marketing.

Tim Persib Bandung sendiri telah melakukan persiapan verifikasi tahap kedua, setelah pada tahap pertama dinyatakan tidak lolos verifikasi sehingga diberi kesempatan untuk melakukan verifikasi tahap kedua.

Persib merupakan salah satu klub eks perserikatan yang sudah sukses melakukan swastanisasi dan berbadan hukum PT dengan pembiayaan yang sudah lepas sepenuhnya dari APBD Kota Bandung.

Selain itu Persib merupakan salah satu tim yang telah memiliki sponsor yang mumpuni untuk bisa mengarungi kompetisi profesional.

Saat ini tim Maung Bandung tengah bersiap untuk berlaga pada pertandingan perdana atau pembuka Liga Prima Indonesia 2011-2012 melawan Semen Padang di Stadion Si Jalak Harupat Soreang Kabupaten Bandung, Sabtu (15/10).

(S033/Y003)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011