Dengan adanya layanan kereta api penumpang di Stasiun Gumilir akan memberikan kemudahan transportasi yang nyaman dan aman bagi masyarakat
Purwokerto (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (Persero) kembali mengoperasikan Stasiun Gumilir, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, untuk melayani penumpang yang akan naik maupun turun kereta api.

Dalam keterangannya di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jateng, Jumat, Kepala PT KAI Daop 5 Purwokerto Daniel Johannes Hutabarat mengatakan pengoperasian kembali Stasiun Gumilir dilakukan mulai 1 April 2022 setelah tujuh tahun tidak melayani penumpang kereta api.

"Pengoperasian kembali Stasiun Gumilir ini ditujukan untuk mengakomodasi permintaan masyarakat Cilacap melalui Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji beberapa waktu lalu saat kami melakukan kunjungan silaturahmi," katanya.

Dengan pengoperasian kembali tersebut, kata dia, Stasiun Gumilir akan melayani empat perjalanan kereta api jarak jauh (KAJJ) dan enam kereta api aglomerasi dengan berbagai tujuan.

Kereta api yang akan berhenti di Stasiun Gumilir untuk melayani penumpang adalah KA 115C Wijayakusuma relasi Ketapang-Cilacap dengan jadwal kedatangan pukul 02.05 WIB dan keberangkatan pukul 02.07 WIB serta KA 116C Wijayakusuma relasi Cilacap-Ketapang kedatangan pukul 15.21 WIB dan keberangkatan pukul 15.23 WIB.

Selanjutnya, KA 87C Purwojaya relasi Gambir-Purwokerto-Cilacap dengan jadwal kedatangan pukul 05.06 WIB dan keberangkatan pukul 05.12 WIB serta KA 88A Purwojaya relasi Cilacap–Purwokerto-Gambir kedatangan pukul 14.36 WIB dan keberangkatan pukul 14.38 WIB.

Lalu, KA 224B Joglosemarkerto relasi Cilacap-Yogyakarta kedatangan pukul 06.11 WIB dan keberangkatan pukul 06.13 WIB dan KA 231C Joglosemarkerto relasi Yogyakarta-Cilacap dengan jadwal kedatangan pukul 09.08 WIB dan keberangkatan pukul 09.10 WIB, KA 232C Joglosemarkerto relasi Cilacap-Yogyakarta kedatangan pukul 10.01 WIB dan keberangkatan pukul 10.03 WIB, serta KA 223B Joglosemarkerto relasi Yogyakarta-Cilacap kedatangan pukul 14.10 WIB dan keberangkatan pukul 14.14 WIB.

Selain itu, KA 225A Kamandaka relasi Semarang Tawang-Purwokerto-Cilacap dengan jadwal kedatangan pukul 13.14 WIB dan keberangkatan pukul 13.16 WIB serta KA 330A Kamandaka relasi Cilacap-Purwokerto-Semarang Tawang kedatangan pukul 14.06 WIB dan keberangkatan 14.12 WIB.

Terkait dengan reaktivasi angkutan penumpang di Stasiun Gumilir, Daniel mengatakan pihaknya telah melakukan sejumlah persiapan guna mendukung layanan penumpang, antara lain penyediaan check-in counter (CIC), pintu boarding, serta beberapa fasilitas pendukung lainnya seperti fasilitas tempat parkir, ruang tunggu, toilet, dan mushala.

"Bagi masyarakat yang ingin menggunakan jasa kereta api dari Stasiun Gumilir dapat melakukan pemesanan tiket melalui aplikasi KAI Access, atau lewat sejumlah kanal resmi penjualan tiket kereta api lainnya karena tidak tersedia loket pembelian secara go show (langsung)," katanya.

Ia mengharapkan dengan adanya layanan kereta api penumpang di Stasiun Gumilir akan memberikan kemudahan transportasi yang nyaman dan aman bagi masyarakat.

Baca juga: KAI gelar festival mural percantik pagar tembok Stasiun Purwokerto
Baca juga: Mulai 11 Maret, KAI operasikan Kamandaka relasi Cilacap-Semarang
Baca juga: Pemkab Cilacap harapkan KA Joglosemarkerto beroperasi tiap hari

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2022