Jakarta (ANTARA) - Berikut adalah rangkuman berita terkini tentang invasi Rusia di Ukraina.

* Pasukan Ukraina bersiap menghadapi serangan baru Rusia di wilayah Donbas di tenggara setelah berhasil menahan gempuran Rusia di ibu kota Kiev, kata Presiden Volodymyr Zelenskyy.

* Zelenskyy mengatakan situasi di selatan dan Donbas masih sangat sulit dan Rusia tengah membangun kekuatan di dekat kota pelabuhan Mariupol yang terkepung.

* Rusia berjanji melakukan gencatan senjata untuk evakuasi penduduk Mariupol setelah ada permintaan dari Presiden Prancis Macron dan Kanselir Jerman Olaf Scholz kepada Presiden Vladimir Putin.

Baca juga: Foto-foto perlihatkan Rusia serang silo gandum di Ukraina

* Seorang pejabat Mariupol mengatakan situasi masih "sangat berbahaya" bagi siapa pun yang ingin meninggalkan kota itu, sementara pasukan Rusia belum mengizinkan masuknya bantuan kemanusiaan sekecil apa pun sejak Kamis.

* Negara-negara anggota Badan Energi Internasional dijadwalkan akan mengadakan pertemuan luar biasa untuk membahas upaya menstabilkan pasar minyak dunia, termasuk kemungkinan melepas cadangan minyak, menyusul invasi Rusia di Ukraina.

* Seorang sekutu Putin memperingatkan bahwa Rusia, pengekspor utama gandum dunia, bisa membatasi pasokan hasil pertanian hanya kepada negara-negara "sahabat".

* Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov memulai pertemuan dengan para pemimpin India di New Delhi setelah bertemu mitranya dari China pekan ini, ketika Moskow berusaha menjaga kedekatan dengan negara-negara besar di Asia.

Baca juga: EU akan desak China agar tak bantu Rusia dalam perang Ukraina

* Rusia dan Ukraina akan melanjutkan perundingan damai secara daring, kata seorang pejabat senior Ukraina.

* Perusahaan gas negara Rusia Gazprom mengatakan pada Jumat pihaknya terus memasok gas alam ke Eropa lewat Ukraina sesuai permintaan konsumen Eropa.

* Seorang sumber mengatakan kepada Reuters sejumlah kontrak gas mencakup pengiriman prabayar, yang menunjukkan bahwa aliran gas tidak akan dimatikan tiba-tiba.

* Presiden AS Joe Biden mengumumkan pelepasan terbesar cadangan darurat minyaknya untuk menurunkan harga bahan bakar yang melonjak selama perang di Ukraina.

* Pemerintah AS membagikan foto-foto yang mereka sebut sebagai kerusakan fasilitas penyimpanan gandum di Ukraina, pengekspor biji-bijian terbesar keempat pada musim tanam 2020/21.

Sumber: Reuters

Baca juga: Sekutu Putin: Produk pertanian Rusia hanya dipasok ke negara "sahabat"
Baca juga: Presiden Ukraina minta Belanda setop semua perdagangan Rusia

Penerjemah: Anton Santoso
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2022