Cikeas, Bogor (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Kamis pagi, memanggil mantan dubes RI untuk Singapura Wardana yang akan disiapkan sebagai Wakil Menteri Luar Negeri.

"Pada pagi hari ini dipanggil Presiden mendapat kepercayaan, menugaskan sebagai wamenlu. Kepada Presiden disampaikan terima kasih atas kepercayaan, saya akan coba laksanakan amanah ini dengan baik," katanya.

Saat dipanggil Presiden, Wardhana yang baru menyelesaikan tugasnya sebagai dubes di Singapura empat bulan lalu tersebut mengatakan ada sejumlah hal yang disampaikan Presiden kepadanya.

"Presiden berpesan, tugas Wamenlu, selain membantu menlu, tentunya terutama dalam rangka meningkatkan kualitas politik luar negeri RI. Presiden garis bawahi, menegaskan harapkan agar kami di kementerian luar negeri memberikan perhatian hubungan ekonomi dengan negara lain," kata Wardana.

Selain hal itu, Presiden juga meminta agar Wamenlu bisa berkonsentrasi dalam pelaksanaan perjanjian bilateral dan juga multilateral yang selama ini diakui masih belum maksimal.

"Selama ini dalam berbagai pembicaraan di summit dan tingkat lain terdapat kesepakatan antara kedua negara mengembangkan hubungan ekonomi, disadari tingkat realisasi dan impementasi agreement belum maksimal," paparnya.

Wardana yang bekerja sebagai diplomat 30 tahun itu menambahkan,"Salah satu penugasan Presiden adalah bagaimana mencoba mengangkat isu kesepakatan ini menjadi lebih bisa dimanfaatkan maksimal."

Saat ini, Wamenlu dijabat oleh Triono Wibowo.

(P008/A011)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011