Jakarta (ANTARA) - Institut Teknologi Perusahaan Listrik Negara (IT PLN) siap melakukan perombakan besar untuk menghasilkan sumber daya manusia berkualitas dan aktif menciptakan energi baru terbarukan demi kelestarian lingkungan.

IT PLN saat Dies Natalis yang ke-24 menggagas tiga langkah besar yang akan dilakukan untuk ciptakan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas.

"Kita canangkan tiga langkah, yakni jangka pendek, menengah dan jangka panjang yang harus kita lakukan demi menciptakan SDM yang bisa berkontribusi bagi bangsa," kata Rektor IT PLN, Iwa Garniwa Mulyana di IT PLN, 
Cengkareng, Jakarta Barat, Jumat.

Langkah jangka pendek, yakni memperkuat sinergi internal IT PLN dari mulai jajaran pengajar hingga petugas administrasi. Hal tersebut dilakukan guna menyatukan visi untuk mencetak mahasiswa yang berkualitas.

Baca juga: Institut Teknologi PLN tampilkan produk kendaraan listrik di IEMS 2021

Langkah jangka menengah, yakni meningkatkan kualitas pengajar guna menopang kampus dalam menciptakan mahasiswa berkualitas.

"Dosen tenaga pengajar kita sekolahkan S3 demi menopang kegiatan pengajaran. Kemudian kita harus melakukan penelitian dan melakukan pengabdian kepada masyarakat," kata Iwa.

Menurut Iwa, mahasiswa mempunyai kewajiban melakukan penelitian dan berkontribusi kepada masyarakat.

Karena itu, Iwa beserta jajarannya mendukung penuh segala bentuk penelitian di bidang teknologi yang dilakukan dosen dan mahasiswa guna memberikan dampak baik kepada masyarakat sekitar.

Tidak hanya itu, Iwa juga memastikan mahasiswanya siap bekerjasama dengan perusahaan swasta dalam berkolaborasi mengembangkan teknologi terbaru.

"Kita membangun dan mencoba mendesain dan industri. Seperti kita bangun 'electrical vehicles' yang diperkirakan 5-10 tahun ke depan akan semakin berkembang," kata dia.

Baca juga: Lulusan ITPLN diminta siap beri solusi bagi masyarakat

Saat ini saja, mobil listrik hasil inovasi mahasiswa Fakultas Teknologi dan Bisnis Energi IT PLN sedang berkompetisi di ajang "Formula Racing Electric Students Championship 2022" di "Indonesia International Motor Show" (IIMS) di Kemayoran.

Untuk jangka panjangnya, pihaknya akan menuju "world class university". "Itu impian dari seluruh universitas," kata dia.

Iwan berharap, IT PLN bisa dipercaya masyarakat dan pemerintah dalam mengembangkan teknologi terbarukan demi kemajuan bangsa.

Pewarta: Walda Marison
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2022