Banda Aceh (ANTARA News) - Sebanyak 4.020 orang dari total 4.803 calon haji Embarkasi Banda Aceh yang berangkat pada musim haji 2011 telah tiba di Tanah Suci, Arab Saudi.

Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Banda Aceh, Juniazi, di Banda Aceh Kamis mengatakan, seluruh calon haji yang telah tiba di Arab Saudi itu tergabung dalam sebelas kelompok terbang.

Calon haji yang berangkat melalui bandara internasional Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang, Aceh Besar itu terdiri dari 1.634 laki-laki dan 2.356 perempuan.

"Seluruh calon haji yang tiba di Arab Saudi dalam keadaan sehat dan mereka sudah melaksanakan sejumlah ibadah di sana," katanya.

Ia mengatakan, pemberangkatan calhaj asal provinsi ujung paling barat Indonesia itu ke Tanah Suci dimulai sejak 2 Oktober 2011 dengan menggunakan maskapai penerbangan milik Garuda Indonesia.

Pemerintah Pusat memberikan kuota haji Aceh pada musim haji 2011 sebanyak 4.803 orang atau mengalami peningkatan dari kuota tetap setiap musim haji sebanyak 3.924 orang.

Ia mengatakan, Embarkasi Banda Aceh, Kamis (13/10) akan memberangkatkan sebanyak 314 calhaj yang tergabung dalam kloter-12 sekitar pukul 18.00 WIB dari bandara SIM menuju Arab Saudi.

Masing-masing calhaj itu berasal dari Sabang, Pidie, Pidie Jaya, Aceh Timur, Langsa, Aceh Tengah, Aceh BEsar, Bireuen, Aceh Tamiang dan Gayo Lues.

Ia menambahkan, dari 14 kloter yang dijadwalkan akan diberangkatkan melalui bandara internasional SIM, satu diantaranya yakni sebanyak 56 orang calhaj sal Aceh Barat akan diberangkatkan melalui Polonia, Medan (Sumut) menuju Arab Saudi.

"Pihak Garuda akan menanggung seluruh biaya perjalanan calhaj kloter terakhir yng berangkat dari Aceh menuju Medan," demikin Juniazi.

(KR-IFL/H011)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011