Jakarta (ANTARA News) - Tim kesehatan dari Kementerian Kesehatan telah menyelesaikan tugasnya untuk membantu mengatasi kejadian luar biasa (KLB) Demam Berdarah di Lahore Pakistan dan kembali ke tanah air.

"Saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan atas kerja keras team Kesehatan kita ini," kata Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Kementerian Kesehatan RI Tjandra Yoga Aditama usai menyambut rombongan.

Tim yang dikirimkan pemerintah RI tersebut terdiri atas 20 orang yang dibagi dalam beberapa tim yang melakukan koordinasi tiap pagi dipimpin oleh Direktur Pengendalian Penyakit Bersumber Binatang Kemenkes Rita Kusriastuti.

Sementara petugas kesehatan yang dikirim ke Pakistan antara lain terdiri atas Dokter dan Perawat Ilmu Penyakit Dalam, Dokter dan Perawat Ilmu Kesehatan Anak, Tim Kesehatan Masyarakat termasuk entomologi dan Tim Penanggulangan Bencana.

Tjandra menyebutkan anggota tim kesehatan telah menjalankan tugas dengan baik di Pakistan selama sekitar dua minggu, dalam bentuk antara lain melakukan penanganan langsung pasien di rumah sakit dan memberikan panduan atau pedoman pelayanan kesehatan untuk diterapkan di Pakistan.

Rita memaparkan kasus demam berdarah dengue (DBD) di Pakistan mulai meningkat tajam pada pertengahan Agustus dengan 2.000-3.000 pasien berbondong-bondong ke rumah sakit yang sempat menyebabkan kepanikan.

"Sampai kami kembali ada 175 kematian dari sekitar 2.000 kasus yang masuk rumah sakit," katanya.
(A043)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2011