Jakarta (ANTARA) - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto menyebut tim kesehatan yang dikirimkan ke Pakistan, merupakan tim terbesar yang pernah dikirimkan Indonesia kepada negara lain dalam penanggulangan bencana alam.

Dalam keterangan tertulis diterima di Jakarta, Kamis, Suharyanto mengatakan tim kesehatan tersebut akan melaksanakan tugas kemanusiaan selama satu bulan.

Selain tragedi banjir bandang Pakistan 2022, Pemerintah Indonesia sebelumnya juga pernah membantu penanggulangan bencana alam yang sama di Pakistan pada tahun 2010 silam.

"Sebanyak 29 orang anggota tim kesehatan ini merupakan tim terbesar yang pernah dikirimkan Indonesia untuk membantu penanganan bencana alam di negara lain," ujar Suharyanto.

Baca juga: Kepala BNPB lepas tim kesehatan untuk penanganan banjir Pakistan

Baca juga: Pakistan minta bantuan internasional untuk pemulihan pasca banjir


Tim tersebut akan melaksanakan tugas selama 1 bulan. Dia berharap kehadiran tim kesehatan dari Indonesia ini dapat sedikit meringankan penderitaan warga Pakistan

Melalui tim kesehatan yang akan dikirimkan ke Pakistan, Suharyanto berharap bahwa mereka mampu memberikan yang terbaik bagi saudara-saudara yang membutuhkan dan membawa nama baik Indonesia di mata dunia.

"Jaga nama Merah Putih di sana. Kita punya budaya yang selalu menyatu dengan masyarakat di mana kita bertugas. Kami yakin tim kesehatan ini bisa bersatu dengan masyarakat," kata Suharyanto.*

Baca juga: CPEC bantu bangkitkan pariwisata Pakistan terlepas tantangan banjir

Baca juga: PBB khawatir terkait wabah penyakit di Pakistan yang dilanda banjir

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022