Jakarta (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta menginformasikan tinggi muka air (TMA) di Pintu Air Pasar Ikan, Penjaringan, Jakarta Utara terus menurun hingga menjadi 181 sentimeter (cm) pada Sabtu pukul 06.00 WIB.

Data BPBD DKI di Jakarta, menyebutkan, Pintu Air Pasar Ikan sempat berstatus siaga dua dengan ketinggian muka air di atas 200 cm pada pukul 22.00 WIB hingga 00.00 WIB.

Oleh karena itu, BPBD DKI sempat melakukan penyebaran informasi dan pemberitahuan kepada camat/ lurah setempat tentang status siaga dua di Pintu Air Pasar Ikan.

Berdasarkan kronologi, TMA Pintu Air Pasar Ikan berstatus siaga dua sejak pukul 22.00 WIB karena cuaca mendung dan ketinggian muka air mencapai 205 cm, kemudian dua jam setelahnya TMA naik lima cm menjadi 210 cm

Tapi pada pukul 03.00 WIB, cuaca terang hingga ketinggian muka air menjadi 187 cm pada pukul 03.00 WIB dan terus menurun tiga jam setelahnya, pukul 06.00 WIB menjadi 181 cm.

Baca juga: BPBD DKI informasikan status siaga dua untuk Pintu Air Pasar Ikan

Sementara itu prakiraan cuaca pelabuhan di daratan Jakarta pada Sabtu ini dominan hujan ringan serta ketinggian pasang air laut maksimal 0,6 meter terjadi pukul 10.00 WIB.

BMKG memprakirakan suhu udara di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara berkisar 27-32 derajat celsius dan kelembaban udara 68-88 persen dengan prakiraan ketinggian gelombang antara 0,5-1,25 meter dan hembusan angin dari barat daya ke barat laut antara 5-15 knots.

Demikian pula di Pelabuhan Marunda dan Pelabuhan Kalibaru di Cilincing, Pelabuhan Sunda Kelapa, Pelabuhan Perikanan Samudra Nizam Zachman Muara Baru, serta Pelabuhan Kaliadem Muara Angke di Penjaringan.

Adapun prakiraan jarak pandang maksimum (visibilitas) di seluruh pelabuhan daratan Jakarta adalah delapan kilometer.

Cuaca di perairan Laut Jawa bagian barat, Teluk Jakarta berpotensi berawan dengan kecepatan angin berhembus dari tenggara ke barat daya antara 5-15 knots.

Baca juga: BMKG keluarkan peringatan dini untuk tiga wilayah Jakarta pada Jumat

Adapun di Kepulauan Seribu cuaca juga berawan namun hembusan angin dari tenggara ke barat daya diprakirakan antara 6-20 knots.

Sedangkan ketinggian gelombang di wilayah perairan Laut Jawa bagian barat, Teluk Jakarta dan Kepulauan Seribu antara 0,5-1,25 meter.

BPBD DKI Jakarta juga mengimbau warga untuk mewaspadai potensi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang berdurasi singkat di Jakarta Barat dan Jakarta Selatan pada siang dan sore hari, serta di Kota Depok, Kabupaten dan Kota Bogor pada siang hingga menjelang malam hari.

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2022