Shanghai (ANTARA News) - Unggulan teratas Rafael Nadal tersingkir dari turnamen Shanghai Masters, Kamis, sementara juara bertahan Andy Murray lolos dari ujian untuk mencapai perempat final.

Petenis nomor dua dunia Nadal kalah 6-7 (5/7), 3-6 dari petenis Jerman Florian Mayer, kehilangan set pertama dalam tiebreak dan kehilangan poin dua kali dari servisnya pada set kedua, yang mengagetkan para penonton di stadion Qi Zhong, lapor AFP.

Mayer melakukan lompatan penting pada game ketujuh set kedua untuk unggul 4-3 dan petenis asal Spanyol Nadal tidak bisa merespon, kehilangan poin servis lagi pada game terakhir, dengan unggulan ke-15 itu menutup pertandingan pada match-point pertamanya.

"Dia bermain sungguh bagus, saya tidak," kata Nadal. "Saya merasa tidak buruk bermain dari baseline. Tapi pengembalian saya, saat dia melakukan servis pertama, merupakan malam yang buruk. Saya hanya memenangi empat poin secara keseluruhan dalam servis pertama saya."

Sebelumnya, unggulan kedua Murray, yang sedang dalam penampilan bagus dengan 21 kali menang dari 22 pertandingan sebelum menghadapi unggulan ke-13 asal Swiss Stanislas Wawrinka, menang 6-4, 3-6, 6-3.

Pada pertandingan lain, petenis Spanyol Ferrer mengalahkan petenis senegaanya Juan Carlos Ferrero 1-6, 7-5, 6-2.

Dengan kemenangan tersebut, Ferrer menjadi petenis kelima yang memastikan lolos ke turnamen penutup musim ATP, yang diikuti delapan petenis terbaik dunia.

Unggulan ke-10 asal Amerika Serikat Andy Roddick mengalahkan petenis Spanyol Nicolas Almagro 6-3, 6-4, dan unggulan ke-12 asal Ukraina Alexandr Dolgopolov menang 5-7, 6-1, 6-0 atas petenis muda Australia Bernard Tomic.

Petenis Jepang Kei Nishikori menundukkan Santiago Giraldo dari Kolombia 7-6 (8/6), 4-6, 6-3, dan petenis Australia Matthew Ebden mengalahkan unggulan delapan Gilles Simon dari Prancis 6-2, 2-6, 7-6 (10/8).

Pada pertandingan terakhir hari itu, petenis Spanyol Feliciano Lopez menundukkan unggulan enam Tomas Berdych dari Republik Ceko 6-4, 6-4. (I015/Z002)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011