170 guru dari seluruh Indonesia yang merupakan Duta Rumah Belajar (DRB) dan Kapten Belajar.id kami panggil agar mampu mengimplementasikan penggunaan platform digital untuk pendidikan
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) memberikan literasi digital pada tenaga pendidik.

“Saat ini dibutuhkan kompetensi SDM pendidikan dalam mengelola dan mendayagunakan teknologi untuk tetap membelajarkan peserta didik. Sebanyak 170 guru dari seluruh Indonesia yang merupakan Duta Rumah Belajar (DRB) dan Kapten Belajar.id kami panggil agar mampu mengimplementasikan penggunaan platform digital untuk pendidikan dan mengetahui hasil identifikasi penerapan literasi dan cakap digital dalam proses pendidikan,” kata Kepala Pusdatin Kemendikbudristek, M. Hasan Chabibie, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu.

Ia menambahkan Kemendikbudristek akan terus mendukung program kerja BAKTI Kominfo. Menurut dia, kolaborasi itu dapat mengakselerasi program pemerintah, salah satunya adalah digitalisasi sekolah.

“Para Duta Rumah Belajar ini tentu akan turut menyukseskan program pemerintah,” katanya.

Peran DRB dan Kapten Belajar.id, katanya, juga menjadi penggerak Komunitas Pembelajar dengan semangat kolaborasi dan diversifikasi "good practice" berbasis kreativitas dan inovasi.

“Sehingga bagian penting dari kemitraan dengan semangat kolaborasi dan ekstensifikasi pelayanan bagi pendidik di seluruh negeri dapat terealisasi,” katanya.

Pusdatin mengajak para DRB dan Kapten Belajar.id menjadi garda terdepan melakukan inovasi pembelajaran dalam mewujudkan program kementerian yakni Merdeka Belajar.

“Hal ini sekaligus menjadi penjaga nyala api belajar dunia pendidikan di Indonesia, sehingga harapan menjadi agent of change untuk transformasi pendidikan Indonesia di era Education 4.0 dan Society 5.0 dapat terwujud,” demikian M Hasan Chabibie.

Baca juga: Kemendikbudristek: Literasi digital guru meningkat saat pandemi

Baca juga: Vokasi UI beri pelatihan digital literasi keuangan untuk guru SMA

Baca juga: KPAI nilai literasi digital anak perlu ditingkatkan

Baca juga: Kemenag dorong guru madrasah perkokoh budaya digital


Pewarta: Indriani
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022