Jakarta (ANTARA) - Para astronaut Shenzhou-13 China bersiap untuk kembali ke Bumi setelah wahana kargo Tianzhou-2 baru-baru ini memisahkan diri dari modul inti stasiun luar angkasa negara itu, menurut Badan Antariksa Berawak China (China Manned Space Agency/CMSA).

Seperti dilansir Xinhua, Jumat (1/4), para awak Shenzhou-13, yaitu Zhai Zhigang, Wang Yaping dan Ye Guangfu, semuanya dalam kondisi baik, kata CMSA, seraya menambahkan bahwa mereka berencana kembali ke Bumi pada pertengahan April.

Pada 16 Oktober 2021, misi Shenzhou-13 mengirim tiga taikonaut ke stasiun luar angkasa Tiangong untuk tinggal selama enam bulan, periode terlama dalam program luar angkasa berawak China.

Para taikonaut itu telah menyelesaikan berbagai tugas selama beberapa bulan terakhir, termasuk dua aktivitas di luar pesawat (extravehicular activity/EVA), dua kuliah umum sains langsung, serta sejumlah eksperimen iptek dan proyek aplikasi.

Mereka juga menggunakan peralatan teleoperasi manual untuk pertama kalinya, mengoperasikan wahana kargo dan stasiun luar angkasa untuk melakukan pertemuan (rendezvous) dan penambatan (docking).

Modul inti stasiun luar angkasa China saat ini beroperasi dengan stabil.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Virna P Setyorini
Copyright © ANTARA 2022