Tanjungpinang (ANTARA News) - Penggabungan Kodim 0318/Natuna ke Kodam XII/Tanjungpura ditunda, setelah Ketua Komisi I DPRD Provinsi Kepulauan Riau melakukan pertemuan dengan Panglima TNI, Laksamana TNI Agus Suhartono.

Rencananya Kodim 0318/Natuna digabungkan dengan Kodam XII/Tanjungpura bulan Desember 2011, namun Panglima TNI memutuskan untuk menundanya, kata Ketua Komisi I DPRD Kepulauan Riau (Kepri), Sukhri Fahrial, Jumat.

"Kami baru saja melakukan pertemuan dengan Panglima TNI yang didampingi 13 jenderal di Jakarta. Hasilnya cukup baik, karena rencana penggabungan Kodim 0318/Natuna ditunda," ungkap Sukhri.

Panglima TNI akan mempelajari kembali rencana tersebut. Sementara Pemerintah Kepri berharap rencana itu dibatalkan.

DPRD Kepri khawatir penggabungan Kodim 0318/Natuna ke Kodam XII/Tanjungpura berkembang menjadi permasalahan politik pemerintahan.

"Kami khawatir Natuna bergabung dengan Kalimantan Barat. Namun Panglima TNI menegaskan, penggabungan Kodim 0318/Natuma tidak berhubungan dengan permasalahan itu, melainkan hanya sebagai upaya efesiensi," katanya.

Komisi I DPRD Kepri menyarankan agar Kodim 0318/Natuna tidak digabungkan dengan Kodam XII, melainkan Panglima TNI sebaiknya mengoptimalkan pertahanan keamanan di Kepri," ujarnya.

Menurut dia, Kepri membutuhkan pasukan keamanan yang kuat, karena berbatasan dengan beberapa negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura. Karena itu, kata dia, sebaiknya Panglima TNI membentuk Kodam di Kepri.

"Di Sumatra baru ada 3 Kodam, karena itu tidak ada salahnya jika dibentuk satu lagi di Kepri," katanya. (ANT)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2011