Mexico City (ANTARA) - Meksiko mengatakan pada Sabtu bahwa kebijakan subsidi bensin tidak akan berlaku di wilayah perbatasan AS minggu ini dengan alasan kekurangan karena semakin banyak orang Amerika berkendara ke selatan untuk mengisi tangki mereka.

Penangguhan subsidi dilakukan pada 2-8 April dan mencakup kota-kota di negara bagian perbatasan Tamaulipas, Nuevo Leon, Coahuila, Chihuahua, Sonora dan Baja California, termasuk Tijuana, salah satu penyeberangan perbatasan tersibuk di dunia.

Kementerian keuangan Meksiko mengatakan dalam sebuah pernyataan ada kekurangan bensin di daerah itu "karena ketidakseimbangan antara pasokan dan permintaan."

"Di Amerika Serikat, harga bensin lebih tinggi daripada di Meksiko, dan warga negara itu melintasi perbatasan untuk memperbanyak persediaan," kata kementerian keuangan.

Karena harga bahan bakar melonjak setelah Rusia menginvasi Ukraina, lebih banyak orang AS berkendara melintasi perbatasan ke Meksiko untuk mencari harga bensin yang lebih murah.

Subsidi di Meksiko telah diperjuangkan oleh pemerintah Presiden Andres Manuel Lopez Obrador, yang telah lama berjanji untuk melindungi konsumen dari kenaikan harga yang tajam di stasiun pengisian bahan bakar.

Dalam sebuah wawancara dengan Reuters pada Jumat, Wakil Menteri Keuangan Gabriel Yorio mengatakan Meksiko berencana untuk menggunakan pendapatan tambahan dari harga minyak yang lebih tinggi untuk menyubsidi harga bensin dan solar domestik.

Sumber: Reuters

Baca juga: Ratusan warga Ukraina berkemah di perbatasan AS-Meksiko
Baca juga: Potongan kepala enam manusia ditemukan di Meksiko
Baca juga: Meksiko, AS sepakat tingkatkan infrastruktur perbatasan

Penerjemah: Mulyo Sunyoto
Editor: Anton Santoso
Copyright © ANTARA 2022