Buah-buahan Thailand, yang meliputi 40 ton durian dan 20 ton kelapa, telah dikirim ke Provinsi Yunnan, China barat daya, via Jalur Kereta China-Laos untuk pertama kalinya dari ibu kota Laos, Vientiane.
Jakarta (ANTARA) - Buah-buahan dari Thailand telah dikirim ke Provinsi Yunnan, China barat daya, via Jalur Kereta China-Laos untuk pertama kalinya dari ibu kota Laos, Vientiane.

Batch buah-buahan Thailand ini, meliputi 40 ton durian dan 20 ton kelapa, yang tiba di Vientiane dari Thailand beberapa hari lalu, diberangkatkan dari Stasiun Selatan Vientiane di Jalur Kereta China-Laos dan tiba di Stasiun Nateuy di Provinsi Luang Namtha pada Jumat (1/4), yang berbatasan dengan Provinsi Yunnan, China.
 
Sebuah peti kemas berisi buah-buahan dari Thailand diangkut dari kereta kargo Jalur Kereta China-Laos ke sebuah truk di Stasiun Nateuy di Provinsi Luang Namtha, Laos, pada 1 April 2022. (Xinhua/Gao Jiabing


Buah-buahan tersebut dipindahkan ke truk di Stasiun Nateuy, sekitar 360 kilometer sebelah utara Vientiane, dan melintasi perbatasan menuju China melalui jalan darat.

Ini kali pertama produk pertanian Thailand diangkut ke China melalui Jalur Kereta China-Laos.

Laos-China Railway Co. Ltd., perusahaan patungan yang berbasis di Vientiane dan bertanggung jawab atas operasional Jalur Kereta China-Laos bagian Laos, memperkirakan lebih banyak produk berkualitas tinggi dari Thailand akan dikirim ke China dan bahkan Eropa melalui jalur kereta lintas perbatasan tersebut di masa mendatang.

Kondisi tersebut semakin menyoroti pentingnya Jalur Kereta China-Laos dalam mendorong pembangunan ekonomi regional. 
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2022