Kami berupaya mengaplikasikan teknologi mutakhir dan penerapan digitalisasi pada seluruh lini rantai nilai untuk dapat menciptakan penghematan biaya dan keberlangsungan usaha
Jakarta (ANTARA) - BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID melakukan uji coba aplikasi digital untuk meningkatkan efektivitas pengelolaan air limbah tambang yang dihasilkan dari aktivitas grup usaha perusahaan.

Direktur Pengembangan Usaha MIND ID Dilo Seno Widagdo mengatakan aplikasi bernama MasterMine yang sedang dikembangkan itu akan mempermudah kualitas air limbah tambang melalui perubahan dari manual menjadi digital.

"Transformasi digital sudah menjadi salah satu tema strategis utama MIND ID. Kami berupaya mengaplikasikan teknologi mutakhir dan penerapan digitalisasi pada seluruh lini rantai nilai untuk dapat menciptakan penghematan biaya dan keberlangsungan usaha," ujarnya dalam keterangan di Jakarta, Selasa.

Dilo menjelaskan pengembangan aplikasi itu dilatarbelakangi oleh kebutuhan tata kelola limbah sebagai komitmen pelaksanaan praktik-praktik penambangan yang baik. Sebagai perusahaan pengelola sumber daya alam, operasi penambangan dan pengolahan mineral grup MIND ID menghasilkan produk samping yang memerlukan penanganan dengan tingkat prioritas tinggi.

Pengolahan limbah merupakan salah satu elemen biaya operasional penambangan yang cukup tinggi. Aplikasi MasterMine diharapkan akan menghasilkan nilai efisiensi 10 sampai 20 persen dari total biaya pengolahan air limbah tambang.

Filosofi dasar aplikasi itu adalah sistem terintegrasi secara kimia dan digital untuk dapat mengolah, memonitor, dan mengontrol sistem pengolahan air limbah tambang secara daring dan mudah digunakan.

Pekerja tambang dapat memantau kualitas air limbah tambang dan mengatur dosis reagen yang diinjeksikan ke dalam air limbah tambang secara real time.

Aplikasi MasterMine juga memiliki fitur peringatan dan pemberitahuan yang berfungsi untuk memberikan peringatan kepada pekerja ketika terjadi penurunan kualitas air limbah tambang, sehingga dapat langsung mengambil tindakan korektif dengan mengatur dosis reagen lebih lanjut.

Proses tersebut memastikan konsistensi air limbah tambang berada dalam baku mutu sesuai peraturan yang berlaku, secara digital.

MasterMine merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh tim POWERxWIT selaku pemenang kompetisi MIND ID Goes Digital tahun 2021. Aplikasi karya anak bangsa itu sedang diujicobakan di PT Bukit Asam Tbk dan diharapkan akan beroperasi penuh pada kuartal keempat tahun ini.

"Aplikasi MASTERMINE membuktikan karya anak bangsa dapat mendukung kemajuan industri pertambangan di Indonesia. Di masa depan iklim digitalisasi industri pertambangan akan lebih tinggi, operasi tambang lebih efisien dan lebih ramah lingkungan," kata Hustler POWERxWIT Rhesa Avila Zainal.

Baca juga: MIND ID reklamasi 931,2 hektare lahan tambang di 2021
Baca juga: Mind ID siapkan rencana agresif tingkatkan produksi minerba di 2022
Baca juga: MIND ID komitmen dukung Indonesia mandiri energi

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2022