Cilegon ( ANTARA News) - Pelaksanaan KTP Elektronik (e-KTP) di Kota Cilegon, Provinsi Banten diawasi langsung tim dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

"Pelaksanaan e-KTP di Cilegon langsung diawasi dari Kemendegari," kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Cilegon, Bambang P Sumo, Selasa.

Dia menjelaskan, meski banyak warga yang ketika diundang tidak datang, namun secara umum pelaksanaan e-KTP di Cilegon berjalan lancar dan sesuai harapan.

"Kendala disetiap program memang pasti ada, dan harapan kami dengan pelakasanaan Pilgub Banten ini tidak menghambat atau menganggu dari proses pembuatan e-KTP yang telah ditarget selesai pada akhir tahun 2011," katanya menambahkan.

Meski demikian, pihaknya meyakini kalau target pelaksanaan e-KTP akan selesai sesuai dengan target yang telah ditentukan oleh Kemendagri, karena dilihat dari antusisas warga dalam pembuatan e-KTP sangat tinggi.

"Di tiga kecamatan seperti Cibeber, Ciwandan, dan Pulomerak, pelaksanaan e-KTP dilakukan tidak hanya pada jam kerja saja, akan tetapi dilakukan juga pada Sabtu dan hari Minggu," katanya.

Meski secara umum lancar, pihaknya mengakui ada kendala yang dihadapi oleh kepanitian, seperti, masih ada beberapa warga ketika diundang untuk datang dalam pembuatan e-KTP tidak bisa, dikarenakan kesibukan sebagai panitia Pilgub Banten.

"Mudah-mudahan, warga yang belum mendaftar dan memberikan data kepada pihak kecamatan, setelah selesai Pilgub Banten segera datang dan memberikan data kepada petugas e-KTP," ujarnya. (ANT-152/M019)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011