Bengkulu (ANTARA News) - Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bengkulu mengeluhkan maraknya pencurian ikan oleh kapal berbendera asing di perairan Pulau Enggano, terutama pada Oktober yang merupakan musim lintasan ikan tuna di perairan tersebut.

"Setiap bulan Oktober adalah musim perlintasan ikan tuna di perairan Pulau Enggano sehingga pencurian ikan sering terjadi di perairan itu," kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bengkulu Bismalinda.

Laporan pencurian ikan tersebut kata dia disampaikan langsung oleh warga Pulau Enggano serta nelayan setempat yang melihat langsung aktivitas kapal-kapal asing tersebut.

Pengamanan perairan dari pencurian ikan kata dia masih minim, sebab kapal milik pengawas perikanan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan sangat terbatas.

Menanggapi hal ini Komandan Lantamal II Padang Brigjen TNI (Mar) Gatot Subroto mengatakan meningkatkan pengamanan perairan pulau terluar Enggano yang masuk dalam wilayah administrasi Kabupaten Bengkulu Utara Provinsi Bengkulu.

"Kami akan mengupayakan peningkatakan patroli pengamanan di wilayah pulau terluar, termasuk Pulau Enggano, karena pulau terluar ini adalah halaman depan negara kita," katanya.
(RNI/B008)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2011