berangkat dari kekagumannya setelah melihat tekad luar biasa dari satu tokoh atau tetua kesenian dan perajin ondel-ondel di Jakarta Pusat,
Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menunjuk  Ketua DPD Demokrat DKI Jakarta Mujiyono menjadi bapak angkat kesenian ondel-ondel.

"DPD dan Pak Mujiyono komitmen dan siap menjadi bapak angkat perajin ondel-ondel di Jakarta," kata AHY di Kemayoran, Jakarta, Selasa.

Ide tersebut, kata AHY, berangkat dari kekagumannya setelah melihat tekad luar biasa dari satu tokoh atau tetua kesenian dan perajin ondel-ondel di Jakarta Pusat, Supandi (62) yang merupakan pimpinan Sanggar Seni Betawi Utan Panjang, Kemayoran, Jakarta Pusat.

"Di usia Pak Supandi ke-62 tahun ini kita tahu tidak banyak yang tersisa dari tokoh yang konsisten melestarikan budaya Betawi ini," ucap AHY.

Sementara itu, Wakil Walikota Jakarta Pusat Irwandi menegaskan pihaknya selalu mendukung kesenian Ondel-Ondel agar terus eksis di wilayahnya.

Salah satunya, kata Irwandi, pihaknya dalam setiap kegiatan formal dan seremonial selalu menyertakan sejumlah kesenian dan kebudayaan Betawi, diantaranya ondel-ondel.

"Sebelum pandemi, Dinas Kebudayaan sering melibatkan Ondel-Ondel ini kalau dalam kegiatan pemerintah. Sekarang kegiatan sudah berangsur normal, semoga kegiatan dan kesenian Ondel-Ondel juga kembali menggeliat," kata Irwandi.

Selain menemui perajin Ondel-Ondel, AHY juga menggelar kegiatan santunan kepada anak yatim piatu dimulai dengan Shalat Ashar berjamaah di Masjid Baabul Hasanah, Kemayoran.

Sebelum memasuki Masjid, AHY disambut masyarakat RT 10/RW 10 Kelurahan Utan Panjang disertai teriakan-teriakan AHY Presiden.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022