Jakarta (ANTARA News) - Pecatur China, GM Li Chao B, sukses meraih gelar juara Kejuaraan Catur Indonesia Open dengan mengumpulkan tujuh poin mengungguli pecatur India, Surya Shekhar Ganguly, di Jakarta, Rabu.

Li Chao menang solkov (total poin para lawan selama turnamen) atas Surya setelah melumpuhkan pecatur asal Argentina, Sandro Mareco, dengan menggunakan pembukaan natojor.

"Saya tentu bahagia menang di turnamen ini meskipun saya merasa bermain kurang maksimal," kata Li Chao seusai pertandingan.

Pemegang elo-rating 2710 itu membuat kejutan atas kemenangannya dengan menggeser pecatur unggulan dengan elo-rating tertinggi, GM Wang Yue.

Wang Yue (2716) yang juga merupakan rekan Li Chao terpental ke peringkat lima dari posisi tiga dibabak sebelumnya setelah bermain remis atas Surya Shekhar Ganguly dengan perolehan poin akhir enam.

"Untuk persiapan turnamen ini saya juga belajar dari Wang Yue. Saya terus latihan dengan dia. Wang Yue teman baik saya," katanya.

Li Chao berhasil mengungguli pecatur unggulan lain seperti pecatur Rusia, GM Alexey Dreev, yang harus puas di posisi ketujuh yang bermain remis lawan pecatur asal Filipina, GM Oliver Barbosa. Oliver, yang sempat menduduki peringkat puncak dibabak tujuh, meraih peringkat tiga.

Pecatur Perancis, GM Vladislav Tkachiev, naik ke posisi empat dari posisi tujuh setelah mengalahkan pecatur asal Vietnam Dao Thien Hai yang terlempar ke posisi 18. Sedangkan pecatur terbaik Filipina, Wesley So, berada di posisi enam.

Sementara itu, Indonesia sebagai tuan rumah berhasil masuk sepuluh besar dengan pemain terbaiknya, GM Susanto Megaranto, diposisi delapan dan FM Awam Wahono di posisi sepuluh.

"Saya bahagia meskipun awalnya tidak menargetkan masuk sepuluh besar," kata Susanto yang dipastikan elo-ratingnya naik 14 poin setelah turnamen ini.

Kejuaraan catur Indonesia Open berakhir pada Rabu ini dengan format pertandingan Sistem Swiss sembilan babak. Pertandingan internasional yang pertama kali digelar di Indonesia dengan 80 peserta ini memperebutkan total hadiah senilai 55.500 dollar AS.

"Turnamen ini sangat bagus dan cukup berat karena diikuti pecatur-pecatur hebat dunia," kata Li Chao.
(T.SDP-06/B/T009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011